Sudah 19 Orang Tewas di Rumah Sakit yang Dibom Pesawat AS

Serangan Gerilyawan Taliban di Kedubes AS
Sumber :
  • Reuters/Omar Sobhani
VIVA.co.id
Lalui Jalur 'Tengkorak', Turis Diserang Militan Afghanistan
- Korban tewas akibat serangan udara militer Amerika Serikat ke Rumah Sakit Pusat Trauma Medecins Sans Frontieres di Kunduz, Afghanistan, Sabtu kemarin hari ini bertambah menjadi 19 orang. Korban tewas sebagian besar terdiri dari staf medis MSF dan pasien.

Bom Magnet Ledakkan Bus Pegawai Pemerintah Afghanistan

19 korban tewas, terdiri dari tiga anak, empat pasien dewasa, dan 12 staff medis MSF. Selain korban tewas, 37 orang dikabarkan terluka dan masih banyak yang korban yang dinyatakn belum ditemukan atau hilang.
Tega, Suami Sampai Hati Potong Hidung Istrinya


Terkait penyerangan ke rumah sakit itu, seperti dilansir
Reuters
, Minggu 4 Oktober 2015, militer Amerika Serikat mengatakan mereka tidak bermaksud menyerang rumah sakit, tapi menyerang markas kelompok militan Tiliban yang disinyalir berada di dekat rumah sakit tersebut.


Sementara itu, Kepala HAM PBB, Zeid Ra’ad mengecam aksi tersebut. Ra'ad mengatakan, serangan Amerika itu bisa disebut sebagai kejahatan perang.


"Kejadian ini benar-benar tragis, tidak bisa dimaafkan, dan bahkan mungkin kriminal," ujar Ra’ad.


Dewan Amal Media MSF menyatakan, stafnya telah menelepon pejabat militer di NATO di Kabul dan Washington selama serangan terjadi di pagi hari. Namun, bom terus menghujam selama satu jam.


"Semua indikasi saat ini menunjuk ke pengoboman yang dilakukan oleh pasukan koalisis internaional," MSF mengatakan. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya