Ratusan Ribu Jemaah Haji Tinggalkan Saudi

Kedatangan jemaah haji dari Arab Saudi di Sumatra Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
VIVA.co.id
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji
-  Sebanyak 283.183 jemaah Haji telah meninggalkan Arab Saudi melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz.

Tawaf dan Rahasianya

“Jumlah jemaah yang bepergian per harinya sudah menurun. Sebelum jeda musim haji, kami memiliki 134.000 jemaah yang bepergian setiap harinya. Setelah jeda musim Haji, kami memiliki sebanyak 120.000 jemaah yang bepergian melalui area Utara dan Selatan bandara,” ujar Direktur bandara, Abdulhameed Abu Al-Orry, seperti dilansir dari
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita
Alarabiya, Senin, 5 Oktober 2015.


Ia menambahkan, jumlah jemaah yang melakukan penerbangan pada kloter pertama mencapai angka 1.076. Dan karena sudah semakin banyak yang pulang, maka jumlah area tunggu di bandara juga sudah bersih.


Para jemaah, kata dia, melakukan penerbangan dari Jeddah dan Madinah untuk kembali ke negara masing-masing.  Instansi terkait telah mengatur penerbangan dan berkoordinasi dengan Bandara Internasional Pangeran Muhammad untuk memperlancar proses perjalanan.


Al-Orry menjelaskan, pihak bandara menyadari bahwa kepulangan para jemaah bersamaan dengan kedatangan masyarakat Arab Saudi yang sebelumnya melakukan perjalanan untuk berlibur.


“Pesawat Saudi Airlines dan Nas Airlines sudah dijadwalkan. Kami berharap tidak terjadi penundaan jadwal seperti yang kami jadwalkan  untuk menyambut kembalinya guru, mahasiswa dan pekerja setelah masa liburan mereka. Sejauh ini, kami belum menerima keluhan dari wisatawan dan kami senang untuk memberikan pelayanan yang memuaskan, " ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya