Jadi Politisi, Pacquiao Kini Berebut Kursi Senat

Manny Pacquiao jenguk Mary Jane di Lapas Wirogunan
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Raih Medali Perak, Atlet Filipina dapat Bonus dari Pacquiao
- Mantan juara dunia tinju asal Filipina, Manny Pacquiao, menyatakan akan ikut bertanding memperebutkan kursi Senat pada pemilihan umum tahun depan.

Mantan Presiden Filipina ke China Bahas Sengketa Wilayah

Pacquiao, yang popularitasnya melampaui berbagai kelas sosial dan membuatnya menjadi orang yang sangat terkenal di Filipina mengatakan, ia mengincar salah satu dari 12 kursi senat untuk diperebutkan pada bulan Mei 2016.
Kalah Lawan Pacquiao, Ini Komentar Bradley


"Saya secara resmi mengumumnkan pencalonan sebagai kandidat senat. Saya mengejar jabatan yang lebih tinggi," kata Pacquiao. Ia menyampaikan pengumumannya di provinsi Saranggani, yang akan menjadi daerah pilihannya di Kongres.


"Mungkin inilah waktunya, dan akan menjadi pertama kali dalam sejarah kita, bahwa kita akan memiliki anggota Senat dari Region 12," kata Pacquiao kepada konstituennya seperti dikutip dari
Channel News Asia,
Selasa, 6 Oktober 2015. Ia merujuk pada salah satu dari enam wilayah di Pulau Mindanao.


Petinju terkenal ini tak mengatakan apa partai atau koalisi yang akan bergabung dengan tawarannya untuk menjadi anggota Senat. Politik di Filipina menganut sistem multi partai yang sejak lama didominasi oleh klan yang kuat seperti bintang film dan bintang olah raga.


Saat ini Pacquiao masih menjabat sebagai anggota DPRD untuk periode kedua. Ia mempromosikan kesejahteraan sosial dan hal-hal yang berhubungan dengan olah raga. Namun surat kabar Inquirer Filipina Daily awal tahun ini mengatakan, Pacman hanya menghadiri empat sesi sidang pada 2014, paling sedikit diantara anggota kongres yang lain.


Lebih dari 54 juta warga Filipina akan menghadiri pemilu yang akan dilaksanakan pada bulan Mei untuk memilih presiden, wakil presiden, dan lebih dari 18.000 anggota DPR dan pemerintah lokal melalui pemilu yang dilakukan setiap enam tahun sekali. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya