8-10-1952: Kecelakaan Kereta Terburuk di Inggris

Kecelakaan kereta api di London, Inggris, 8 Oktober 1952
Sumber :
  • Wikimedia Commons / United Kingdom Government
VIVA.co.id
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
- Pada 63 tahun lalu, Inggris mengalami kecelakaan api terburuk sepanjang sejarah layanan transportasi di negara itu. Lebih dari seratus orang tewas setelah tiga kereta api bertubrukan di suatu stasiun di London.

05-08-1861: AS Berlakukan Pajak Penghasilan

Menurut data Kementerian Transportasi Inggris, sebanyak 112 orang tewas dan 340 luka-luka akibat kecelakaan tragis itu. Peristiwa berlangsung pada 8 Oktober 1952 pukul 8.20 pagi hari di stasiun Harrow and Wealdstone, ungkap stasiun berita
Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia
BBC .


Saat itu, kereta cepat dari Kota Perth tujuan Kota London menghantam bagian belakang kereta komuter 0731 Tring-Euston, yang akan meninggalkan stasiun Harrow and Wealdstone. Beberapa detik kemudian, sebuah kereta cepat dari Euston menghujam lokasi tabrakan.


Para saksi mata menggambarkan situasi itu terjadi begitu cepat dan mengerikan. Mereka mendengar ledakan dahsyat, disusul oleh pecahan-pecahan kaca jendela kereta, yang beterbangan ke segala arah.


Saat itu, ada sekitar seribu penumpang yang berada di tiga kereta yang bertabrakan. Sebagian besar korban adalah mereka yang berada di bagian belakang kereta komuter dan bagian depan dari dua kereta cepat.


Setelah diselidiki, masinis kereta cepat dari Perth ternyata melanggar satu sinyal waspada dan dua tanda bahaya (yang mengharuskan kereta berhenti mendadak) sebelum akhirnya menghantam kereta komuter dengan kecepatan 97 kilometer per jam. Masinis kereta dari Perth itu termasuk yang tewas.


Kecelakaan itu membuat pemerintah Inggris memberlakukan Sistem Peringatan Otomatis. Perangkat sistem ini wajib dipasang di ruang kemudi semua kereta, yang membantu mengingatkan masinis bila mereka melanggar suatu sinyal waspada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya