Barnaby Joyce: Kunci Lawan Terorisme, Tegakkan Toleransi

Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Australia, Barnaby Joyce
Sumber :
  • AAP/Alan Porritt
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Australia, Barnaby Joyce, memiliki pandangan khusus mengenai cara untuk mengatasi tindak terorisme yang terjadi di beberapa negara. Kuncinya, adalah dengan menghargai satu sama lain.

Pelecehan Seksual Bayangi Anak Pengungsi di Australia
Demikian ungkap Joyce yang ditemui di Masjid Istiqlal, Rabu, 7 Oktober 2015. 

Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia
"Menurut saya 99,9 persen orang adalah orang baik. Cara terbaik mengatasi agar tidak terjadi terorisme adalah menghargai satu sama lain dan memberlakukan sikap toleransi," ujar Joyce.

Dia menambahkan, saat seseorang memeluk salah satu agama dan percaya dengan Tuhan, maka dengan sendirinya orang tersebut akan memperlakukan orang lain dengan baik.

"Ikuti kata hati kita, dengarkan Tuhan tidak ingin agar kita menyakiti orang lain," ujar Joyce.

Cara itu, Joyce melanjutkan adalah langkah yang dipilih Tuhan untuk berbicara dengan manusia sebagai individu yang memiliki hati nurani dan rasa kemanusiaan. 

Australia sendiri pada 2 Oktober lalu baru saja diguncang aksi terorisme. Seorang petugas polisi yang bertugas di bagian keuangan, Curtis Cheng, ditembak dari belakang dan mengenai kepala. 

Pelaku diketahui bernama Farhad Jabar dan baru berusia 15 tahun. Dia lahir di Iran dan memiliki latar belakang warga Irak dan Kurdi. Jabar diketahui tidak memiliki sejarah tindak kriminal. 

Laman Yahoo News menyebut, ketika menembak dari belakang, remaja itu sekaligus meneriakkan slogan keagamaan. Cheng ditembak sekitar usai dia pulang kerja sekitar pukul 16.30.

Komisioner Polisi, Andrew Scipione dalam keterangan pers menyebut serangan itu didorong oleh motif politik dan terkait tindak terorisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya