Putin: Serangan Udara Rusia ke Suriah Berhasil

Sumber :
  • REUTERS/Maxim Zmeyev

VIVA.co.id - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan, kampanye Rusia di Suriah terlihat sukses. Namun, ia menolak mendiskusikan hasilnya.

Saat berbicara di sebuah saluran tv Rusia, Putin mengatakan sudah memberikan perintah pada Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu, untuk meneruskan operasi dengan AS, Turki, Saudi Arabia, Iran dan Irak di Suriah.

"Kami sadar, operasi antiteroris sangat sulit, jadi tentu saja terlalu dini kalau kita membahas hasil. Namun, apa yang telah kita lakukan sejauh ini membawa dampak positif," katanya, seperti dikutip dari rte.ie, Rabu, 7 Oktober 2015.

Putin juga mengatakan, Presiden Prancis, Francois Hollande, setuju untuk bergabung dengan kekuatan Assad demi memberantas ISIS. Namun, sebuah sumber yang dekat dengan Hollande membantah pernyataan Putin.

Rusia memulai kampanye udara di Suriah dan mengatakan target mereka adalah kelompok militan ISIS. Namun, pesawat tempur mereka juga menjatuhkan bom pada kelompok pemberontak yang melawan Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Negara Barat, Arab dan Turki juga melakukan serangan melawan ISIS, namun ingin Assad turun dari jabatannya. Mereka mengatakan Moskow menggunakan ISIS sebagai dalih untuk membantu Assad melawan pemberontaknya.

Kala Pasukan Khusus Rusia 'Berguru' pada Sekte Tua

Moskow membantah semua tudingan itu dan bersikukuh mengatakan, mereka memerangi ISIS dan terorisme di Suriah. (one)

Bangkai helikopter Rusia yang jatuh di Suriah.

Jasad Militer Rusia Ditahan Militan Suriah

Mereka minta pertukaran dengan anggota yang ditahan

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016