Atasi Kabut Asap, Thailand Tunggu Kabar Indonesia

Asap Tebal Selimuti Singapura
Sumber :
  • REUTERS / Edgar Su
VIVA.co.id
40 Juta Pemilih Akan Ikut Referendum di Thailand Hari Ini
- Thailand menyatakan siap untuk membantu Indonesia  mengatasi permasalahan asap.

AS Peringatkan Warganya Agar Berhati-hati di Thailand

Dilansir dari
Bocah 8 Tahun Ditahan Hanya karena Robek Poster Referendum
Bernama, Kamis, 8 Oktober 2015, Wakil Sekretaris Urusan Luar Negeri Thailand, Vitavas Srivihok, akan menunggu kabar dari Indonesia mengenai detail pertolongan yang dibutuhkan. Ia mengatakan pihak Indonesia akan menginformasikan jenis bantuan yang dibutuhkan kepada ASEAN.


Menteri Luar Negeri Thailand mengundang Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Lutfi Rauf, untuk bertemu dan berdiskusi membicarakan masalah asap yang sudah mencapai beberapa provinsi Thailand termasuk Phuket.


“Akhir bulan ini akan diadakan pertemuan tingkat Menteri Sumber Daya Alam di antara anggota ASEAN di Hanoi, Vietnam, untuk mendiskusikan solusi terbaik mengatasi masalah asap,” ujar Srivihok.


Ia menjelaskan, Dubes Lutfi meminta maaf atas nama Indonesia kepada Thailand dan negara-negara lainnya yang terkena dampak kebakaran hutan dan juga berterima kasih kepada Thailand atas tawaran bantuan untuk Indonesia.


Lutfi menjelaskan dua penyebab utama asap yakni karena banyaknya perusahaan swasta yang membakar hutan demi mendapatkan lahan dan juga faktor alam karena adanya perubahan iklim.


“Indonesia akan menindak serius terhadap perusahaan-perusahaan yang bertanggung jawab atas kebakaran ini,” kata Lutfi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya