Yunani Kehabisan Lahan untuk Makamkan Pengungsi

Ilustrasi kecelakaan di laut.
Sumber :
  • REUTERS / Argiris Mantikos / Eurokinissi

VIVA.co.id - Banyaknya para pengungsi yang tewas di laut Yunani dalam perjalanan menuju Eropa, membuat Yunani kehabisan lahan untuk memakamkan mereka.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat, 8 Oktober 2015, Christos Mavrakidis, seorang petugas makam di Yunani menceritakan tentang kondisi lahan yang makin berkurang.

“Ini adalah seorang ibu dengan bayinya, dan ini adalah perempuan lainnya, di sana seorang pria berusia 60 tahun,” ujar Mavrakidis, sambil berdiri di atas lumpur dan menunjuk salah satu makam.

Menurut Mavrakidis, sekarang tidak ada ruang yang tersisa lagi di pemakaman St Panteleimon, sebuah pemakaman yang berada tak jauh dari salah satu pemakaman mewah Yunani disana.

“Sesuatu harus dilakukan. Mereka sangat banyak, tidak ada yang tahu di mana jenazah selanjutnya akan dimakamkan,” ujar dia.

Mavrakidis menjelaskan, puluhan imigran yang tewas dan tidak diketahui identitasnya telah dikubur dalam makam yang sangat kecil dan kotor karena tidak tersisa lagi lahan yang layak untuk menyemayamkan tubuh mereka.

Kisah Haru Atlet Olimpiade Nyaris Mati Menolong Pengungsi

Hampir setengah juta  pengungsi dari Suriah, Irak dan Afghanistan nekad mengarungi laut dan melakukan perjalanan yang berbahaya demi bisa sampai ke Eropa. PBB menyampaikan, hampir 3.000 di antara mereka telah tewas dalam perjalanan mengejar kehidupan baru tersebut.

Jet tempur Rusia

Jet Rusia Jatuhkan Bom di Suriah, 10 Warga Terluka

Serangan ini diklaim oleh aktivis sebagai aksi balas dendam.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016