Pemerintah Siap Tindak Tegas Pelaku Pembakar Hutan

Presiden Joko Widodo meninjau kebakaran hutan di Kalimantan Tengah
Sumber :

VIVA.co.id - Dirjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rasio Ridho Sani, mengatakan pemerintah siap untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ia mengatakan saat ini ada 30 perusahaan sedang diperiksa untuk dimintai keterangan dan dalam pengawasan intensif. Perusahaan yang dipantau memiliki luas operasi beragam mulai dariĀ  200 ribu hektare hingga belasan ribu hektare.

"Siapapun di mata kami, baik perseorangan dan koorporasi akan kami lakukan tindakan tegas, karena kebakaran hutan dan lahan adalah kejahatan yang luar biasa. Sebab, karhutla ini tidak hanya rugikan negara, berapa banyak sumber daya yang dikerahkan untuk padamkan api, sumber daya manusia, dan uang," ujarnya dalam diskusi di Warung Daun, Sabtu, 10 Oktober 2015.

Rasio Ridho juga menekankan, selain menimbulkan kerugian pada keuangan negara, karhutla juga menyebabkan dampak buruk pada kesehatan anak-anak dan mengganggu perekonomian. Itu sebabnya, pemerintah sangat serius berupaya memadamkan api dan melakukan tindakan agar pelaku jera. (one)

Kebakaran Besar Melanda Portugal
Kebakaran hutan di Portugal.

Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau

KBRI Lisbon diperintahkan melacak WNI apakah jadi korban atau tidak.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016