Ini Bantuan Asing untuk Padamkan Kebakaran Hutan Indonesia

Kabut asap
Sumber :
  • Reuters/Edgar Su
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Pemerintah Indonesia pada pekan lalu akhirnya memastikan bersedia menerima bantuan dari beberapa negara asing. Total, ada lima negara sahabat yang telah dihubungi Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi. 

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
Ditemui usai menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, pada Senin, 12 Oktober 2015, Retno memaparkan kini sudah ada dua pesawat water bombing dari Malaysia dan Singapura yang diterbangkan ke Indonesia. Dua pesawat itu akan membantu untuk melakukan pemadaman api di area hutan dan lahan yang saat ini masih terdapat titik api di Sumatera.  

Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi
“Kerjasama dengan negara sahabat kini sudah ada dua pesawat di lapangan, yakni pesawat dari Malaysia yang mengangkut 6.000 liter air dan pesawat dari Singapura yang mengangkut 5.000 liter air,” ujar Retno. 

Dia melanjutkan, saat ini masih melakuka kontak dan koordinasi dengan Australia. Negeri Kanguru itu berencana mengirimkan pesawat "Thor" jenis Hercules L 100. Pesawat itu bisa membawa air hingga kapasitas 15.000 liter. 

“Kami terus kontak dengan Australia, karena rencananya mereka mau kirimkan pesawat itu,” kata Retno menambahkan.

Timnya kini sudah berada di lapangan untuk melakukan persiapan kedatangan pesawat yang direncanakan akan sampai ke wilayah RI pada hari Selasa esok.

“Selain itu, Jepang sudah memberikan chemical substance atau bahan kimia dan juga ahli pelaksanaan penggunaan bahan tersebut untuk memadamkan api. Sedangkan Rusia, saat ini sedang melakukan persapan terakhir untuk mengirimkan dua pesawat dengan kapasitas 12.000 liter air,” kata dia.

Kendati demikian, kerjasama yang dilakukan dengan negara Thailand dan Tiongkok masih dibicarakan sehingga belum ada bantuan yang diberikan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya