Dua Korea Gelar Reuni Keluarga

Meriahnya Pesta Kembang Api di Perayaan ke-70 Tahun Partai Pekerja
Sumber :
  • REUTERS/KCNA
VIVA.co.id
TKI di Korea Diminta Hentikan Adu Jotos
- Sekitar 400 warga Korea Selatan saling berkumpul hari ini, Senin, 19 Oktober 2015, sebelum menyeberang ke Korea Utara. Mereka akan melintasi perbatasan untuk bertemu kembali dengan anggota keluarga mereka yang terpisah.

Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan

Dilansir dari
Korea Utara Berambisi Tancapkan Bendera di Bulan
Channel News Asia, Senin, 19 Oktober 2015. Mulai esok hari di resort Mount Kumgang, Korea Utara, akan dilakukan reuni kedua bagi warga dua Korea, setelah lima tahun terakhir.


Sejak kedua Korea sepakat untuk berpisah satu sama lain pada tahun 1950-an, maka banyak warga Korea yang terpisah dengan keluarga dan kerabatnya. Selama bertahun-tahun mereka berpisah tanpa dapat melakukan kontak.


Reuni atau pertemuan kembali antar keluarga atau saudara yang terpisah dilakukan berdasarkan perjanjian kedua pemerintah Korea. Pertemuan dilakukan untuk menekan konflik yang terjadi antara Korea Utara dan Korea Selatan.


Program reuni ini dimulai setelah pertemuan di tahun 2000, namun tidak semua warga dapat langsung berpartisipasi dalam program ini. Kedua pemerintah sepakat mengizinkan pertemuan hanya untuk mereka yang terpilih oleh pemerintah.


Untuk kali ini, dari Korea Selatan, sebanyak 394 orang  terpilih bertemu kembali dengan anggota keluarganya yang terpisah. Sementara Korea Utara hanya memilih 100 warga. Mereka dikumpulkan di kota Sokcho, daerah pantai Timur Laut Korea Selatan untuk saling bertemu dengan anggota keluarganya masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya