PM Baru Kanada Segera Legalkan Ganja

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Sumber :
  • Reuters/Chriss Wattie

VIVA.co.id -  Perdana Menteri Kanada yang baru langsung menarik perhatian. Wajah tampan dan pemikirannya yang kontroversi membuat publik menoleh.

Justin Trudeau terpilih sebagai Perdana Menteri Kanada pada Senin, 19 Oktober 2015, setelah Partai Liberal berhasil mengalahkan perdana menteri sebelumnya yang berasal dari Partai Konservatif.

Trudeau, yang baru berusia 43 tahun, berjanji akan segera merealisasikan salah satu janji kampanye Partai Liberal, partai yang menaunginya, yaitu melegalisasikan ganja.

"Kami akan melegalisasi, membuat regulasi, dan membatasi akses penggunaan ganja," demikian tulisan dalam website Partai Liberal, seperti dikutip dari montrealgazzette.com.

"Saat ini, sistem yang  melarang ganja di Kanada tidak berjalan dengan efektif. Sistem yang ada sekarang tak bisa mencegah anak muda berhenti menggunakan ganja, dan banyak kasus kriminal di Kanada terjadi karena mereka memiliki sejumlah kecilnya."

Trideau dan Partai Liberal berencana untuk membuat sebuah sistem yang akan mengenakan pajak dan mengatur penjualan ganja di seluruh negara.

Pose Yoga PM Kanada Bikin Heboh

Kebijakan tersebut juga akan memasukkan sanksi keras pada mereka yang diketahui menjual ganja pada anak-anak atau menyetir dalam keadaan mabuk ganja.

Menurut media lokal sfgate.com, jika kebijakan ini diberlakukan, maka Kanada akan menjadi negara maju pertama yang mengatur soal ganja.

Di Belanda dan Spanyol aturan yang terkait dengan ganja sudah berjalan, namun bukan dalam bentuk regulasi khusus. Hingga saat ini belum ada negara maju yang mengatur peredaran ganja secara khusus. (ase)

Kanada Ingin Akhiri Perang Lawan ISIS
PM Kanada

PM Kanada 'Tertangkap Basah' Bertelanjang Dada

Ia secara tak sengaja terekam di salah satu foto acara pernikahan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016