Hadiri ASEM, Menlu RI Bicarakan Visa Schengen

Menlu Retno bersama Menlu Finlandia Timo Soini
Sumber :

VIVA.co.id - Tak ingin menyia-nyiakan waktu pertemuan dengan para menteri luar negeri Eropa, Menlu Retno Marsudi berupaya melakukan lobi soal visa Schengen.

Partai Buruh Ingin Inggris Tetap Gabung Uni Eropa

Menlu Retno telah melakukan pertemuan bilateral dengan High Representative for Foreign Affairs of the European Union (HRVP), Federica Mogherini. Pertemuan ini dilakukan di sela Pertemuan Menteri Luar Negeri Asia-Europe Meeting (ASEM), yang dimulai pada hari ini, 5 November 2015, di Luksemburg.

Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain mengenai proses awal yang sedang dilakukan Uni Eropa dalam rangka menanggapi usulan Indonesia mengenai pembebasan visa bagi Warga Negara Indonesia untuk melakukan kunjungan singkat ke negara-negara Schengen.

“Upaya Pemerintah Indonesia selama ini terus dilakukan, baik melalui masing-masing negara Eropa maupun melalui Komisi Eropa,” kata Retno seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 5 November 2015.

Saat ini, Komisi Eropa sudah memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang diusulkan untuk dikaji (assessment) oleh Dewan Eropa. Usulan ini diperkirakan akan disampaikan ke Dewan Eropa pada awal 2016.

“Dewan Eropa kemudian akan meminta tiga badan utama terkait pembebasan visa Schengen (Frontex, Europol, dan EASO) untuk mengkaji. Apabila hasil kajian positif, Dewan dan Komisi Eropa akan mengusulkan Rancangan Regulasi Perubahan Status Indonesia untuk mendapatkan bebas visa Schengen,” tulis siaran pers itu.

Ilustrasi banjir

Makedonia Diterjang Banjir Bandang, 21 Orang Tewas

Uni Eropa siap bantu karena negeri itu calon anggotanya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016