Universitas Bakrie Lepas 10 Mahasiswa Studi ke Jepang

Universitas Bakrie
Sumber :
  • bakrie.ac.id

VIVA.co.id - Universitas Bakrie telah menyeleksi mahasiswa Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (Prodi ITP) yang akan menjadi peserta studi banding ke Jepang pada November 2015. Ada 10 mahasiswa yang akan diberangkatkan ke Negeri Sakura itu.

Program ini disponsori secara penuh oleh Japan Science and Technology Agency (JST) melalui skema program Sakura Science Program. Artinya, pihak yang terpilih tidak akan dipungut biaya apa pun.

Dikatakan Humas Universitas Bakrie, Ginar Ayuningtyas, Sakura Exchange Program in Science (Sakura Science Program) merupakan program yang melingkupi pertukaran pelajar kawasan Asia di bidang sains dengan konsep Japan-Asia Youth Exchange Program in Science

Total ada 15 negara yang ikut dalam program ini, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, RRC, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Laos, Mongolia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

"Universitas Bakrie adalah satu-satunya perguruan tinggi yang terpilih untuk mengikuti program ini," ujar Ginar dalam keterangan resminya, Jumat 6 November 2015.

Menurut Ginar, JST melihat perlu adanya kontribusi ke dunia luar untuk ikut terlibat dalam kemajuan bersama di bidang ilmu dan teknologi. Tujuannya menyasar kepada minat dan ketertarikan pemuda-pemudi Asia terhadap ilmu dan teknologi, agar timbul tekad dari dalam diri mereka untuk lebih menggali kemampuan, untuk mengembangkan ilmu dan teknologi agar menjadi terdepan.

"Salah satu caranya adalah dengan mengadakan pertukaran pelajar atau mahasiswa, agar pelajar dari luar dapat datang ke Jepang, melihat secara langsung kemajuan ilmu dan teknologinya. Selain itu, agar pelajar atau mahasiswa dapat belajar, mempelajari, dan mendapatkan serangkaian ilmu pengetahuan mengenai sains," ujar Ginar.

Sebanyak sepuluh mahasiswa yang terpilih studi ke Tohoku University di Jepang itu akan diberangkatkan pada 8 November 2015 dan akan menetap selama sepekan.

Berencana Kuliah di 2016, Ini Tips Pendanaannya

Kesepuluh mahasiswa tersebut adalah:


  1. Deni Gustriani (ITP 2012)
  2. Dyah Pamelia Ruwaida (ITP 2012)
  3. Gayu Putut Guritno (ITP 2012)
  4. Isma Amaliah (ITP 2014)
  5. Kezia Nadira Kusumantara (ITP 2014)
  6. Lativa Chairani (ITP 2012)
  7. Rahmad Arif Lahiya (ITP 2013)
  8. Riska Fitriawati (ITP 2012)
  9. Risqah Fadilah (ITP 2012)
10. Syifa Fauziyah (ITP 2012)

Selama di Jepang, mahasiswa Universitas Bakrie akan berpartisipasi dalam kuliah umum di International Education and Research Center for Food and Agricultural Immunology (CFAI), kunjungan ke Marine Educational Research Facility Rebuilt (Marine Biology) di Onagawa.

Studi banding yang dilakukan berupa pengenalan beberapa laboratorium di Faculty of Agriculture (Graduate School of Agricultural Science), Tohoku University, di antaranya Laboratoty of Nutrition, Laboratory of Food and Biodynamic Chemistry, dan Food Evaluation Lab di Komai, Shirakawa, Goto, Food Chemistry Lab di Nakagawa dan Animal SciLaboratory of Animal Products Chemistryence Lab di Kitazawa, Nochi.

Pengusaha Muda Indonesia Dinobatkan Young Entrepreneur Asean

LPDP Sediakan Rp1,3 triliun Anggaran Beasiswa Tahun Ini

Anggaran tersebut untuk 5.000 peserta.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2016