Menlu RI Lobi Yunani Soal Pemberian Bebas Visa UE

Menlu Yunani, Nikolaos Kotzias
Sumber :
  • TVklan
VIVA.co.id
Tujuh Makhluk Mitologi dalam Cerita Rakyat Yunani
- Yunani menilai Indonesia memiliki peran yang sangat penting di dunia internasional. Sebagai negara berpenduduk Muslim tersebar di dunia, demokratis dan toleran Indonesia dapat memainkan peran sentral dalam membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dunia saat ini.

'Cultural Coffee Morning', Promosi Indonesia ala Kemlu

Hal tersebut merupakan salah satu hasil pembicaraan Menlu RI, Retno L.P. Marsudi dan Menlu Yunani, Nikolaos Kotzias bertemu di sela-sela penyelenggaraan Pertemuan Asia – Europe Meeting (ASEM) di Luksemburg, 5 November 2015, seperti dikutip dari rilis Kemlu RI.
Menlu Retno: Belum Ada Laporan WNI jadi Korban Bom Pakistan


Selain itu, isu pemberian bebas visa secara timbal balik oleh kedua Negara juga dibahas dalam pertemuan. Sebagai anggota Uni Eropa, Menlu Retno menyampaikan harapan agar pihak Yunani juga dapat mempertimbangkan permintaan supaya warga Indonesia bisa mendapatkan bebas visa di kawasan itu.


Kedua Menlu juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan memandang pentingnya untuk pengembangan agenda bersama untuk kerja sama perdagangan dan investasi. Menlu Kotzias berharap agar Indonesia dapat memanfaatkan pelabuhan Piraeus di Yunani sebagai pintu masuk produk ekspor ke Eropa.


Kedua Menlu sepakat untuk menyelesaikan sejumlah dokumen kerja sama yang masih pending sampai saat ini, Yunani akan mengirimkan pejabat seniornya ke Indonesia untuk memulai pembahasan penyelesaian draft kerja sama yang belum selesai. (ren)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya