Taiwan Senang Sambut Pertemuan dengan China

Perwakilan kantor dagang Taiwan di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Kepala Perwakilan Kantor Dagang Taiwan di Indonesia, Liang-Jen Chang, mengungkapkan kebahagiaanya atas pertemuan yang dilakukan oleh Presiden China Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou di Singapura pada pekan lalu. Chang berkata, ini adalah waktu yang sangat baik bagi kedua negara untuk bertemu satu sama lain dan membangun hubungan.

“Pertemuan ini sangat baik bagi kedua negara untuk melupakan permasalahan masa lalu,” ujar Chang yang ditemui di kantornya, kawasan Jakarta Selatan, Senin 9 November 2015.

Taiwan, kata dia, sudah sejak lama membuka diri bagi dunia dengan mempersilakan media untuk masuk ke dalam Taiwan. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan niatan Taiwan ingin menjalin hubungan internasional dengan semua negara termasuk China.

“Presiden Ma dengan tegas ingin menemukan semua solusi bagi permasalahan yang ada dengan China, Taiwan ingin menciptakan perdamaian. Kami ingin kedua negara dapat memperluas kerjasama di berbagai bidang mulai dari ekonomi sampai ke pendidikan,” ujar dia.

Chang melanjutkan, kedua pihak ingin mengadakan pertemuan lagi untuk melanjutkan penyelesaian permasalahan lainnya dalam tempo waktu yang cepat. Ia mengatakan, kedua negara perlu menciptakan stabilitas hubungan dan saling membangun pemahaman satu sama lain.

Anggaran Militer China Meroket 132 Persen
Terdakwa kasus mata-mata Komandan Letnan Edward C. Lin

Perwira Angkatan Laut AS Dituduh Mata-mata

Ia dikenai tuduhan berlapis atas kegiatan spionase untuk Taiwan.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016