Tekan Populasi Dunia, Pria Harus Divasektomi

ilustrasi penduduk dunia
Sumber :
  • inmagine

VIVA.co.id - Guna meningkatkan kesadaran mengenai peran pria dalam solusi ledakan penduduk, sejak 2013 dilahirkan Hari Vasektomi Dunia setiap tanggal 13 November. Diketahui, saat ini populasi dunia telah tembus tujuh miliar dan terus tumbuh.

Wapres: Populasi Besar Jadi Kekuatan Indonesia

Dilansir dari laman Tree Hugger, Jumat, 13 November 2015, peringatan tahun ini dirayakan dengan menawarkan kesediaan para pria untuk divasektomi dan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka memilih untuk berkorban demi tidak terjadinya kekacauan dunia.

Vasektomi merupakan operasi untuk memandulkan kaum pria dengan cara memotong saluran sperma atau saluran mani dari bawah buah zakar sampai ke kantong sperma.

Penyelenggara acara vasektomi bekerjasama dengan Center for Biological Diversity memberikan sebuah kaus sebagai ungkapan terima kasih kepada para peserta.

PBB: Akhir Abad 21, Penduduk Dunia Tembus 13 Miliar

Walaupun harga itu tidak seberapa, namun dengan menunjukkan seseorang berani melakukan vasektomi, hal itu membantu meningkatkan kesadaran tehadap masalah meledaknya populasi dunia. Dimulai dari satu orang yang terlibat bisa membuat dampak yang besar bagi dunia.

"Banyak pria yang kaget karena ternyata vasektomi tidak sesakit yang mereka bayangkan. Proses vasektomi dilakukan oleh ahli dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit," kata Mayo Clinic, kelompok riset medis berbasis di AS.

Vasektomi tidak ditujukan kepada semua orang. Walaupun tidak permanen, tapi vasektomi bukanlah suatu hal yang sederhana atau murah sehingga dibutuhkan pemahaman prosedur yang benar dan lengkap sebelum memutuskan vasektomi. (ase)

PBB: Pada 2022 India Jadi Negara Berpenduduk Terbanyak Dunia
ilustrasi penduduk dunia

KB Dinilai Solusi Tepat Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Semakin banyak yang diberi makan jadi tantangan produktivitas pangan.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2015