Bulgaria Tangkap Mantan PM Kosovo

VIVAnews - Mantan Perdana Menteri (PM) Kosovo, Agim Ceku, ditangkap di Bulgaria dengan tuduhan melakukan kejahatan perang. Ceku ditahan polisi Bulgaria di pos perbatasan Bulgaria-Makedonia, Selasa malam 23 Juni 2009 waktu setempat.

Ceku akan tetap ditahan hingga Sabtu lusa sampai pengadilan Bulgaria memutuskan apakah dia akan diekstradisi ke Serbia atau dibebaskan. Pemerintah Serbia menuduh Ceku melakukan kejahatan perang saat ia menjabat komandan Tentara Pembebasan Kosovo dalam perang Serbia-Kosovo, 1998-1999.

"Pihak Serbia harus mengajukan permintaan ekstradisi ke pengadilan Bulgaria dalam 40 hari," ujar jaksa Bugaria, Nikolai Kokinov seperti dikutip laman stasiun televisi al-Jazeera.

Mantan Menteri Luar Negeri Bulgaria Solomon Pasi mengatakan Ceku mengunjungi negaranya untuk meminta bantuan lobi untuk mendapat keanggotaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Menurut Pasi perintah penahanan Ceku telah kadaluarsa karena berkaitan dengan kenyataan satu dekade lalu.

Ceku telah ditangkap empat kali namun belum pernah diserahkan kepada pemerintah Serbia.

Arsenal Terancam Kehilangan Sang Wonderkid
Nikita Mirzani

Hubungan dengan Rizky Irmansyah Diduga Kandas, Nikita Mirzani Sibuk Sama Cowok Lain di Bali?

Nikita Mirzani memang sejauh ini dikenal sebagai wanita tangguh yang bisa menghidupi anak-anaknya sendiri tanpa bergantung pada pasangan.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024