Marah pada Fitnah, Muslimah Ini Pilih Jadi Donatur Sosial

Lambang Unicef
Sumber :
VIVA.co.id
Pelecehan Seksual Bayangi Anak Pengungsi di Australia
- Seorang muslimah Australia memiliki cara unik untuk mengatasi kegelisahannya pada tulisan-tulisan yang bernada penuh kebencian. Ketimbang membalasnya dengan sindiran dan kemarahan, ia memilih mendonasikan uangnya.

Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia

Susan Carland, yang menjadi dosen di Monash University di Melbourne, dengan tegas mengatakan melalui laman Twitternya, @SusanCarland, ia akan mendonasikan AU$1 setiap ada cuitan jahat atau bernada kebencian yang mampir ke media sosialnya.
Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme


"Sampai sekarang, saya sudah berhasil mengumpulkan AU$1.000 (atau setara dengan US$700)," celoteh Carland, seperti dikutip dari
Alarabiya.net
. Carland memilih UNICEF sebagai lembaga yang ia percaya untuk mengelola uang yang ia sumbangkan.


Carland mengaku, sebelum melakukan ini, ia lebih memilih untuk mengabaikan, memblok, bahkan kadang memutus hubungan dengan mereka yang selalu menuliskan kebencian di media sosial. Namun, beberapa bulan yang lalu, ia mengubah sikapnya.


"Alquran mengajarkan saya untuk menjadi cahaya dalam kegelapan. Saya merasa, saya harusnya ambil sikap lebih aktif untuk menyebarkan kebaikan di dunia, untuk setiap hal buruk dari kalimat penuh kebencian yang saya terima," katanya, melalui tulisan yang dimuat di
Fairfax Media,
pada Jumat pekan lalu.


Carland mengakui, banyak orang yang senang menyampaikan kebencian melalui dunia maya, dan menggunakan bahasa yang sangat kasar. Namun, kini ia menyikapi kalimat-kalimat itu dengan sebelah mata, dan segera menyimpan AU$1 setiap kali tulisan seperti itu mampir di beranda Twitternya.


"Ini tak merepresentasikan apa pun, kecuali menjadi tanda pada mental saya, lebih baik saya melakukan sesuatu buat lembaga yang peduli pada masa depan anak-anak," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya