Turki Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia

Pesawat Tempur Rafale
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Pesawat tempur yang ditembak jatuh oleh militer Turki ternyata milik Rusia. Dua pilotnya berhasil melontarkan diri.

Kala Pasukan Khusus Rusia 'Berguru' pada Sekte Tua

Pesawat tempur tersebut ditembak jatuh setelah melanggar perbatasan wilayah. Kantor berita Rusia, Interfax, mengatakan bahwa pesawat tempur Su-24 jatuh di wilayah Suriah. Namun kedua pilotnya berhasil mengeluarkan diri.

Diberitakan oleh BBC, militer Turki mengabarkan, pesawat F-16 milik mereka telah menembak jatuh sebuah pesawat setelah berulang kali memberi peringatan pada pilot yang melanggar wilayah udara Turki.

Video yang beredar memperlihatkan pesawat tersebut jatuh di sekitar pegunungan di Provinsi Latakia.

Rusia, sejak 30 September meluncurkan serangan udara membantu Presiden Suriah Bashar al Assaad. Rusia mengatakan serangan tersebut ditujukan pada kelompok militan, sementara kelompok aktivis mengatakan, serangan Rusia lebih banyak ditujukan pada kelompok pemberontak Suriah yang mendapat dukungan dari Barat.

Turki, yang selalu mengkritik Assaad telah berulang kali memberikan peringatan pada pesawat Rusia dan Suriah agar tak melanggar wilayah udara Turki.

Bulan lalu, Ankara mengatakan F-16 Turki telah menghadang jet milik Rusia yang melintasi perbatasan, dan dua jet Turki telah dilecehkan oleh pesawat Mig-29 yang tak teridentifikasi.

Bangkai helikopter Rusia yang jatuh di Suriah.

Jasad Militer Rusia Ditahan Militan Suriah

Mereka minta pertukaran dengan anggota yang ditahan

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016