VIDEO: Detik-detik Jet Tempur Rusia Ditembak Jatuh Turki

Jet tempur Rusia jatuh
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVA.co.id
DPR: Jangan Tutup Sekolah Hanya karena Permintaan Turki
- Militer Turki telah menembak jatuh jet tempur Rusia jenis Sukhoi Su-24 di wilayah perbatasan antara Turki dengan Suriah pada Selasa kemarin. Menurut laporan, jet tempur itu jatuh di desa Yamadi yang masuk ke dalam teritori Suriah. 

Sekolah Pribadi Bandung Akui Simpan Buku Fetullah Gulen
Stasiun berita Al Jazeera, Selasa, 24 November 2015, militer Turki terpaksa menembak jatuh jet tempur Rusia, karena mereka dianggap telah melanggar zona udara Turki. Militer Turki mengaku telah memperingatkan Rusia sebanyak 10 kali dalam waktu lima menit sebelum menembak. 

Erdogan Keluarkan Dekrit, Sipil Kuasai Militer Turki
Alhasil, Turki mengirimkan dua jet tempur F-16 yang tengah berpatroli untuk mencegat jet sukhoi Rusia. Perdana Menteri Turki, Ahmed Davutoglu telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri untuk berkonsultasi dengan NATO, PBB dan negara terkait dengan perkembangan yang ada. 

"Angkatan bersenjata Turki jelas telah menginstruksikan. Bahkan, jika itu seekor burung, maka juga akan dicegat," ujar Davutoglu. 

Selain itu, Pemerintah Turki juga sudah memanggil Duta Besar Rusia sebagai bentuk protes. Sementara, Rusia membantah telah melanggar zona udara Turki. Jet tempur tersebut disebut Rusia baru saja kembali bertugas untuk menumpas kelompok militan, Islamic State of Iraq and al Sham (ISIS).

Presiden Rusia, Vladimir Putin memperingatkan Turki akan ada konsekuensi serius usai jet tempurnya ditembak jatuh. Sementara, keadaan dua pilot jet tempur tersebut masih simpang-siur. 

Laporan awal menyebut kedua pilot berhasil mengaktifkan kursi pelontar dan menyelamatkan diri. Sedangkan, kantor berita Reuters melansir, salah satu pilot ditembak usai mendarat dengan menggunakan parasut. 

Berikut video detik-detik jatuhnya jet tempur Rusia yang dikutip dari Al-Jazeera

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya