India Rayakan Hari Konstitusi

duta besar india untuk indonesia gurjit singh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Gurjit Singh, membuka acara perayaan Hari Konstitusi India yang tepat jatuh pada hari ini, Kamis, 26 November 2015.

Kemenpar Gandeng Perusahaan Asing Promosi Wisata RI

"Hari ini adalah hari konstitusi India sebelum menyambut hari kemerdekaan kami pada Januari nanti. Pada hari ini, semua orang India bergembira karena bisa berdiri sendiri dan terbebas dari penjajahan negara lain," ujar Singh di Kedubes India, Jakarta, Kamis, 26 November 2015.

Singh mengatakan, konstitusi dan kemerdekaan India tidak didapatkan dengan mudah dan harus melalui perjuangan yang sangat berat. "Rakyat kami berjuang sendiri untuk bisa merdeka. Kami mendapatkan kemerdekaan kami sendiri tanpa diberikan oleh (negara) siapapun," ujarnya menambahkan.

Mengapa Ekonomi India Lebih Unggul Ketimbang Indonesia

Dalam serangkaian acara yang dipersembahkan seperti pemutaran film, musik dan tari-tarian, Kedubes India dengan bangga menyajikan sebuah pameran kecil yang menampilkan foto-foto para Presiden Indonesia dalam pertemuannya dengan pemerintah India mulai dari rezim Soeharto sampai dengan Joko Widodo.

India dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat erat sebagai sesama negara berkembang. Pada tanggal 26 November 1949, Presiden Soeharto datang sebagai pemimpin dunia pertama ke India di Hari Konstitusi mereka yang pertama. "Semua anggota pemerintahan terkait saat itu ikut menandatangani peresmian Hari Konstitusi. Kami menggunakan waktu dua bulan penuh sebelum akhirnya siap mendeklarasikan pada bulan Januari 1950."

Hebohnya Jumpa Bintang Uttaran dan Mahaputra

Sementara, Direktur Eksekutif Habibie Centre, Rahima mengatakan, momentum ini harus dimanfaatkan oleh para generasi muda kedua negara untuk melihat sejarah antara India dan Indonesia untuk menyadari bahwa keduanya memiliki banyak tugas dan tantangan untuk terus dilakukan demi meningkatkan hubungan kedua negara.

(mus)

 Ilustrasi sidang di pengadilan.

Permohonan Grasi Gurdip Singh Diterbitkan PN Tangerang

Gurdip Singh merupakan terpidana mati yang akan dieksekusi.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016