Presiden Turki Tolak Minta Maaf ke Rusia

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.
Sumber :
  • REUTERS/Kayhan Ozer/Presidential Press Office/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Erdogan Ke Kremlin, Buka Hubungan Baru dengan Rusia
- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan pernyataan yang berbeda. Ia mengatakan Turki tak akan meminta maaf karena telah menjatuhkan pesawat Rusia.

Erdogan Mengaku Tak Sabar Bertemu Putin

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Erdogan saat diwawancara secara eksklusif oleh CNN di Ankara, Kamis, 26 November 2015.
Erdogan Mau ke Moskow, Ingin Berbaikan Lagi dengan Rusia


"Saya rasa, jika harus ada permintaan maaf, itu bukan kami," kata Erdogan. "Mereka yang melanggar batas wilayah udara kami, adalah mereka yang harusnya minta maaf. Pilot kami dan kekuatan militer kami, mereka telah melakukan tugasnya dengan benar. Mereka melakukan tugas karena adanya pelanggaran batas wilayah. Dan menurut saya, itulah esensinya," kata Erdogan.


Saat melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin di Ankara, Erdogan mengatakan, "Jika hari ini terjadi lagi pelanggaran yang sama, maka reaksi Turki juga akan sama."


Turki berulang kali mengatakan, mereka menembak jatuh pesawat Rusia, setelah berulang kali menyampaikan peringatan agar pesawat tersebut menjauh dari batas wilayah Turki. Menurut Turki, pesawat tempur Su-24 milik Rusia telah memasuki wilayah udara Turki.


Pernyataan Turki terus dibantah oleh Rusia. Menurut Rusia, pesawat mereka masih berada dalam wilayah Suriah, dan Turki tak memberikan peringatan apa pun.


Salah satu pilot yang berhasil selamat, Kapten Konstantin Murakhtin mengatakan kepada media, tak ada peringatan yang disampaikan oleh Turki. "Tak ada peringatan, tidak melalui radio, juga melalui visual," katanya.


Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, jatuhnya pesawat Rusia tak terlihat seperti sebuah tindakan spontan, namun tindakan provokatif yang terencana.


Konflik Turki dan Rusia masih memanas. Saling bantah dan saling tuding terus terjadi antara dua negara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya