Pangkalan PBB di Mali Diserang Roket Militan

Pasukan Prancis bertugas di Mali
Sumber :
  • REUTERS/Joe Penney
VIVA.co.id
Pengamat: Serangan Teroris Pakai Racun Pernah Gagal
- Kelompok militan tidak dikenal menembakkan roket ke pangkalan penjaga perdamaian PBB di sebelah utara Mali. Kejadian ini mengakibatkan tiga orang yang berada di pangkalan itu tewas.

Dua Kelompok yang Dincar Teroris Versi Kapolda Metro

"Mereka menembakkan roket pada pukul 04.00 waktu setempat, ke dalam kamp MINUSMA, yang berisi kebanyakan pasukan Prancis dan 10.000 tentara PBB. Tiga orang meninggal dunia dan empat lainnya luka-luka," ujar Olivier Salgado, Wakil Kepala Bidang Komunikasi dalam misi perdamaian PBB itu, seperti dikutip dari
Dramatis, Polisi 'Tembak Teroris' di Polres Jakarta Pusat
Reuters , Minggu, 29 November 2015.


Dikatakan Salgado, saat ini para korban tewas dan luka sedang dalam penanganan pihak medis. Di antara ribuan pasukan, ada 20 orang lagi yang terluka. Pihak medis pun didatangkan dari pangkalan militer di kota Kidal, Mali.


"Kami meminta pemerintah Mali untuk langsung melakukan investigasi atas serangan ini dan membawa pelakunya untuk dihukum. Kami mengidentifikasi, korban adalah dua orang penjaga perdamaian asal New Guinea dan seorang kontraktor dari Burkina Faso," ujar Salgado.


Usai serangan itu, kantor berita Prancis, AFP, memberitakan bahwa kelompok pemberontak Islam Mali, Ansar Done, mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.


Menurut saksi mata, dua hari sebelum penyerangan, pangkalan PBB di Kidal sempat mendapatkan ancaman dari kelompok militan. Bahkan, pihak kepolisian setempat juga meyakini jika serangan itu dilancarkan oleh kelompok Islam radikal.


Wilayah sebelah utara Mali memang sebagian besar telah diambil alih oleh kelompok Islam sejak 2012. Beberapa di antaranya masih terkait dengan kelompok teroris Al Qaeda. Meski pasukan Prancis telah berhasil mengusir dengan operasi militer setahun kemudian, namun kekerasan kerap terjadi dan menyebar ke area yang aman di sebelah selatan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya