30-11-1982: Kediaman PM Inggris Diteror Bom Aktivis Hewan

Pintu kediaman PM Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Russel Boyce
VIVA.co.id
Pensiunan Dokter Diduga Tewaskan Ratusan Pasien
- 33 tahun yang lalu, sebuah surat berisi bom meledak di dalam kediaman Perdana Menteri Inggris di London. Saat itu, PM yang tengah menjabat adalah Margaret Thatcher. 

Salah Mengira Kuil sebagai Masjid, Diplomat Inggris Dikecam
Stasiun berita BBC melansir Thatcher yang ketika itu tengah berada di ruang belajar tidak sempat membuka surat itu. Namun, salah satu staf yang bertugas untuk menangani paket yang masuk, yakni manajer kantor, Peter Taylor, dilaporkan mengalami luka. Sebab, saat paket dibuka, tiba-tiba benda itu terbakar dan mengenai tangan serta wajah. 

Nonton Konser, Cara Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-92
Taylor kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat di RS Westminster. Tetapi, beberapa jam kemudian dia keluar dan langsung bekerja. 

Selain ke kantor PM, empat surat dengan paket serupa juga dikirim ke empat politisi senior di Inggris. Mereka yakni Michael Foot dari Partai Buruh, Roy Jenkins dari SDP, David Steel dari Partai Liberals dan Timothy Raison dari kantor Kementerian Dalam Negeri. Tetapi, keempatnya selamat dan tak mengalami luka, karena paket yang dianggap mencurigakan itu berhasil dicegah masuk. 

Berdasarkan penyelidikan, surat-surat itu berasal dari sebuah kelompok yang menamakan diri Militan Hak Hewan. Tetapi, kelompok yang memperjuangkan hal serupa mengaku tidak pernah mendengar organisasi tersebut. 

Polisi mengatakan, paket di dalamnya berisi materi bubuk dan didesain mudah terbakar dibandingkan meledak. 

Dalam sesi tanya jawab di gedung parlemen, Thatcher mengatakan semua anggota parlemen harus tetap siaga. "Surat ancaman bom di mana pun pasti membuat kita takut dan saya khawatir kita semua rentan terhadap ancaman itu," kata dia. 

Polisi terus menyelidiki bagaimana caranya paket itu lolos dari pemeriksaan ketat kediaman PM di Downing Street. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya