Indonesia Targetkan Pengurangan Emisi Karbon Hingga 29%

PM Jepang Shinzo Abe berbincang dengan Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Silva

VIVA.co.id - Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nassir, menyampaikan sejumlah pembahasan yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim di Paris, COP 21, 2015. Presiden Jokowi  akan menegaskan peran Indonesia dalam memberikan solusi terhadap masalah perubahan iklim dunia.

“Presiden menyampaikan komitmen Indonesia dalam memberikan dorongan politis untuk kesepakatan global yang selama ini diupayakan oleh Prancis sebagai ketua. Yang pasti, Indonesia akan menjadi bagian dari solusi mengatasi masalah perubahan iklim,” ujar Arrmanatha, Senin 30 November 2015 di gedung Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

Hal kedua yang akan disampaikan Jokowi adalah menegaskan komitmen Indonesia dalam menurunkan emisi karbon yang sebelumnya sudah pernah disampaikan. Indonesia, ujar dia, menargetkan pengurangan emisi sebanyak 29 persen hingga 2030.

Bahas World Humanitarian Summit, Din Syamsuddin Temui JK

Arrmanatha mengatakan, Indonesia patut berbangga terhadap hal tersebut mengingat penurunan emisi merupakan sebuah langkah yang maju bagi negara berkembang.

“Akan disampaikan oleh Bapak Presiden mengenai bagaimana Indonesia akan mengimplementasikan hal itu. Misalnya di bidang energi terbarukan, kita menargetkan sebanyak 25 persen sumber energi pada 2025 berasal dari energi terbarukan,” kata Arrmanatha.

Arrmanatha juga mengatakan, Jokowi akan menyampaikan langkah-langkah yang telah dan akan diambil oleh Indonesia untuk mengatasi kebakaran hutan. (art)

Kepala BPPT, Unggul Priyanto

Motor Mewah Ramah Lingkungan Dapat Insentif Pajak

Penurunan pajak mulai 20 sampai 50 persen.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016