Kapal Hantu Terdampar di Perairan Jepang

Kapal patroli milik Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tanjung Balai, Karimun, Kepulauan Riau, kandas di perairan Belawan, Sumatera Utara, pada Kamis pagi, 19 November 2015.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar
VIVA.co.id
12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati
- Hampir selusin perahu kayu membawa mayat ditemukan di perairan Jepang selama dua bulan terakhir. Identitas perahu mengarahkan mereka berasal dari Korea Utara.

Jepang Siap-siap Berganti Kaisar

Menurut kantor berita Jepang NHK, dalam 11 perahu kayu tersebut ditemukan 25 jasad. Dua tubuh diantaranya ditemukan tanpa kepala, dan ada satu perahu yang mengangkut enam tengkorak. Menurut
Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan
Strait Times , yang mengutip komentar dari Japanese Coast Guard, kondisi memprihatinkan itu mengindikasikan perahu tersebut kemungkinan terapung-apung selama beberapa waktu.


Dikutip dari
Huffington Post
, Selasa, 1 Desember 2015. Salah satu perahu yang terombang-ambing itu terlihat sebuah bendera Korea Utara yang sudah compang camping. Di badan perahu juga terdapat tulisan dalam bahasa Hangul "Tentara Rakyat Korea," yang mengindikasikan nama militer Korea Utara.


Pakar maritim mengatakan, perahu tersebut terlihat seperti dari penyeberang Korea Utara. "Perahu itu terbuat dari kayu, sangat tua dan berat," kata Yoshihiko Yamada kepada NHK. "Mereka tak bisa bergerak cepat dan mesinnya tak terlalu kuat untuk melawan kondisi," katanya menambahkan.


Beberapa perahu juga mengangkut alat-alat untuk menjaring ikan. Satu perahu, dijelaskan oleh NHK, membawa jaring, pengait ikan, juga lampu untuk memancing cumi-cumi. Situasi itu seperti mengarahkan bahwa perahu itu adalah perahu nelayan, yang mengalami kesulitan di tengah laut. Namun sejumlah ahli meyakini, mereka adalah orang-orang yang mencoba menyeberang.


"Para penyintas ini pasti punya penjelasan. Dan fakta bahwa banyak kapal hantu berdatangan selama dua bulan terakhir mengindikasikan ada hal yang sangat serius yang terjadi di Korea Utara," kata Jun Okumura, seorang pengamat dari Meiji Institute, seperti dikutip dari Telegraph.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya