3-11-1967: Transplantasi Jantung Pertama Kali Dilakukan

transplantansi jantung
Sumber :
  • www.heart-transplant.co.uk

VIVA.co.id - Hari ini, 48 tahun yang lalu, dunia kedokteran membuat terobosan penting dalam memperpanjang harapan hidup seseorang.

Pada 3 Desember 1967, Louis Washkansky (53), adalah orang yang melakukan transplantasi jantung manusia pertama di Rumah Sakit Groote Schuur di Cape Town, Afrika Selatan.

Dilansir dari History, Washkansky yang merupakan seorang pedagang asal Afrika Selatan, menderita penyakit jantung kronis dan menerima transplantasi jantung dari Denise Darvall (25), seorang wanita yang terluka fatal dalam sebuah kecelakaan mobil.

Dokter bedah Christian Barnard, yang dilatih di University of Cape Town di Amerika Serikat, melakukan operasi medis revolusioner. Teknik yang digunakan Barnard awalnya dikembangkan oleh sekelompok peneliti Amerika pada 1950-an.

Empat Penyebab Tak Terduga dari Serangan Jantung

Dokter bedah Amerika, Norman Shumway mencapai transplantasi jantung pertamanya yang sukses kepada seekor anjing di Stanford University di California pada 1958.

Usai menjalankan operasi, Washkansky diberikan obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuhnya agar tidak menolak jantung barunya tersebut. Kendati demikian, 18 hari setelahnya Washkansky akhirnya meninggal dunia, karena penyakit pneunomia. Namun, jantung baru bagi Washkiansky dianggap sukses dan berfungsi dengan baik sampai hari kematiannya.

Pada 1970-an, perkembangan obat yang lebih baik membuat transplantasi jantung menjadi semakin layak. Barnard terus melakukan operasi transplantasi jantung, dan selama 1970-an banyak pasiennya hidup sampai lima tahun dengan jantung baru mereka. (art)

jpg

Awas, Risiko Penyakit Jantung Muncul sebelum Menopause

Pertimbangkan untuk merubah gaya hidup menjadi lebih baik.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016