Organisasi Kerja Sama Shanghai Terbuka Terima Indonesia

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin (kiri)
Sumber :
  • Viva.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Shanghai atau Shanghai Cooperation Organisation, Dmitry Fedorovich Mezentsev, mengunjungi Indonesia dan melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, dan juga Ketua DPP, Irman Gusman. Dia memperkenalkan diri dan organisasi yang terbentuk sejak tahun 2001 itu serta melakukan pertemuan dengan Sekjen ASEAN di Jakarta.

"Organisasi ini merupakan suatu mekanisme yang unik karena terdiri dari bermacam-macam negara dengan latar belakang yang sangat berbeda. Sejak kemarin kami melakukan beberapa pertemuan di Jakarta termasuk dengan wakil menteri luar negeri dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah, serta Sekjen ASEAN untuk membahas kerja sama selanjutnya, yang akan dilakukan," kata Mezentsev, Kamis 3 Desember 2015 yang ditemui di kediaman Duta Besar Rusia, Mikhail Y Galuzin, di bilangan Jakarta Selatan.

Mezentsev mengatakan, Indonesia sampai saat ini belum mengajukan permintaan untuk bergabung sebagai anggota. Namun, bisa saja pada nantinya Indonesia menjadi salah satu negara anggota organisasi tersebut.

"Kita lihat saat ini dunia sangat berkembang dalam berbagai bidang termasuk politik. Banyak sekali perubahan yang terjadi dan tidak terkecuali pada Indonesia. Dalam waktu ke depan nanti bisa saja Indonesia bergabung dengan kami," ucapnya.

Ia menjelaskan, walaupun belum ada permintaan untuk bergabung dari Indonesia, Fachir menyampaikan minat Indonesia untuk bekerjasama dalam bidang anti terorisme.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

"Kami memiliki intelijen dari negara-negara pendiri dan mereka kerja sama dengan beberapa negara anggota dalam bidang tersebut," kata Mezentsev. (ren)

Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016