DUNIA

Hubungan Indonesia - Suriname

Empat Menteri Suriname Keturunan Jawa

Beberapa orang Jawa di Suriname kini menjabat di sejumlah pos menteri dan ketua parlemen

ddd
Senin, 29 Juni 2009, 15:06
Ketua Parlemen Suriname, Paul Somohardjo (kanan)
Ketua Parlemen Suriname, Paul Somohardjo (kanan) (www.suriname.nu)

VIVAnews - Masyarakat keturunan etnis Jawa di Suriname berperan penting dalam politik. Bahkan, diantara mereka kini menduduki posisi penting dalam pemerintahan di negara yang bertetangga dengan Brasil itu.

Demikian ungkap Duta Besar Suriname untuk Indonesia, Angelic Caroline Alihusain-del Castilho. "Kami punya empat menteri keturunan Jawa dan ketua parlemen kami adalah orang Jawa," kata Castilho dalam acara "Forum Pengembangan Kerjasama Budaya Indonesia dan Suriname" di Jakarta, Senin, 29 Juni 2009.

Keempat menteri itu, menurut Castilho, adalah menteri pendidikan, menteri sosial, menteri pertahanan, dan menteri pertanian. Selain itu, ketua parlemen kini dijabat warga etnis Jawa. "Mereka berasal dari partai politik Jawa, yang anggotanya bukan hanya orang Jawa, tetapi juga penduduk dari etnis lain," kata Castilho. Partai politik Jawa tersebut tidak hanya satu, tetapi ada beberapa.

Keturunan etnis Jawa di Suriname berkisar antara 15 hingga 20 persen dari total populasi yang berjumlah sekitar 500.000 jiwa. Keturunan Jawa tersebut masih mempertahankan budaya Jawa di tengah bermacam budaya dari berbagai etnis di Suriname.

Selama hampir 120 tahun sejak imigrasi etnis Jawa ke Suriname, mereka memiliki kontribusi untuk masyarakat, dan kemajuan negara.

Peta Suriname

Peta Suriname (VIVAnews/Kedubes Suriname)

"Hal yang paling terintegrasi dalam masyarakat adalah makanan Jawa. Nasi goreng, bakmi goreng, gado-gado, bisa ditemukan di tiap rumah, bukan hanya rumah orang Jawa," kata Castilho.

Etnis Jawa di Suriname berbaur dengan penduduk lokal, keturunan Afrika, Hindustan, China, Marroon, dan etnis lain.

email: renne.editor@vivanews.com



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
vanrudy
15/07/2011
orang jawa smpai di mna pun tetp orang jawa.....aku dewe wong jowo.hehehheh
Balas   • Laporkan
santo susanto
22/12/2010
suriname negari ingkang tebih saking tanah jawi nanging adat lan budayanipun taksih jawa saestu, mangga jawa ingkang wonten indonesia ampun ketinggalan nami-nami jawa dipun lestareaken.
Balas   • Laporkan
Kromo Cakung
16/10/2010
Suriname membuktikan bahwa Java yang dikenal oleh Thomas Stanford Raffles sebagai bangsa yang patuh dan penurut serta kuat dalam menghadapi hidup benar-benar terjadi di Suriname dan bahkan memberikan perubahan dan pengaruh berarti di sana.
Balas   • Laporkan
mochammad bambang sudarmojo
27/09/2010
matur pangapuro sanget kulo mboten saged bahasa jawa halus, kulo tiang meduro, tapi kulo pengen sanget kenalan kale itiang suriname turunan jawa, saling tukar informasi, salam kenal dugi jakarta
Balas   • Laporkan
Sugiyono
01/09/2010
ingih kulo mawon bade kenalan/ngobrol kalian tiang suriname keturunan jawa menawi wonten ingkang saking banyumas soal ipun kulo saking banyumas menawi mboten wonten inggih sinten mawon purun lewat facebook mawon langkung sekeco sederengipun matur nuwun
Balas   • Laporkan
Sutriyono
24/04/2010
Saestu Kulo nggeh taseh keturunan jowo kelahiran jakarta nopo saget YM nopo email2 kaleh tiang suriname nggeh...????
Balas   • Laporkan
Sutriyono
24/04/2010
Saestu niku pak kulo nggeh taseh keturunan jowo but lahir teng jakarta
Balas   • Laporkan
Amaty Satrio
27/01/2010
Jadi ikut bangga ada orang di benua Amerika pada pinter bahasa Jawa. Kalau ada yang bisa di ajak ngomong walaupun lewat email juga tidak apa apa.Terima kasih.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id