Indonesia Tak Pernah Tinggalkan Palestina

Bentrokan antara Polisi Israel dengan warga Palestina di dekat Masjidil Al-Aqsa, Yerusalem.
Sumber :
  • REUTERS/Ammar Awad

VIVA.co.id -  Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, menyampaikan sejumlah bentuk bantuan dan dukungan yang selama ini telah diberikan  pemerintah Indonesia kepada negara Palestina. Ia menjelaskan, Indonesia selalu memberikan dukungan penuh hingga bangsa Palestina dapat memperoleh kemerdekaannya dari serangan Israel.

"Indonesia melakukan pembangunan kapasitas sumber daya manusia untuk Palestina dalam berbagai bidang dengan total bantuan kepada 1.338 warga Palestina. Jumlah itu sudah melewati target kami yakni 1.000 orang ke dalam 128 program," ujar Retno yang ditemui pagi ini, Senin 14 Desember 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Beberapa bidang dalam capacity building yang telah dilakukan Indonesia antara lain kooperasi teknologi, UKM dan keuangan, perpajakan, pertanian, kesehatan, pelatihan diplomatik, energi, konstruksi, tekstil dan lainnya.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Retno juga mengatakan, Indonesia selalu menjadi aktivis dalam konferensi internasional yang memperhatikan isu Yerusalem dan Palestina tersebut.

"Indonesia selalu aktif dalam Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD). Tahun depan CEAPAD juga akan dilakukan di Jepang. Indonesia dukung masyarakat Palestina mendapatkan hak dan kemerdekaan mereka, kami akan lakukan capacity building bidang pelayanan masyarakat Palestina tahun depan," ujar Retno.

Mantan Dubes Indonesia untuk Belanda itu berpendapat, negara Israel tidak berkomitmen untuk menciptakan perdamaian dan menyelesaikan konflik yang sudah berlangsung selama puluhan tahun ini. Israel, ujar dia, terus melakukan teror kepada Palestina dan melanggar peraturan internasional.

"Itu semua tidak bisa dilanjutkan. Indonesia menyerukan kepada Dewan PBB untuk melakukan sesuatu terhadap konflik ini," kata Retno.

Ilustrasi Boikot Produk Israel. Sumber: Flickr.com

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Konflik di Gaza, mengundang respons dari berbagai masyarakat Indonesia dengan melakukan boikot terhadap produk yang terhubung dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023