Presiden Vladimir Putin Undang Jokowi ke Rusia

Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Rusman
VIVA.co.id
Presiden Ukraina Bakal Sambangi 3 Kota di Indonesia
- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hari ini mengantarkan Surat Presiden Rusia, Vladimir Putin, kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Intinya dalam surat tersebut, Putin ingin hubungan kerja sama kedua negara ditingkatkan khususnya dalam bidang ekonomi.

Bertemu PM Sri Lanka, Jokowi Bicara Investasi Kereta

"Menyampaikan surat dari Presiden Putin," kata Retno di Istana Kepresidenan ketika ditanya perihal kedatangannya di Jakarta, Jumat 8 Januari 2016.
RI-Afsel Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Investasi


Selain itu, Putin mengundang Jokowi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Rusia yang akan dilangsungkan pada bulan Mei mendatang di Sochi, Rusia. Selain itu bakal ada pula World Economic Forum (WEF) di St. Petersburg, Rusia. Retno mengatakan, Presiden Jokowi sejauh ini berencana menghadiri hajatan internasional itu.


Dalam KTT yang akan digelar, Indonesia sendiri akan membawa agenda soal peniadaan tarif masuk bagi barang-barang ekspor Indonesia khususnya CPO dan ikan. Selain itu, Indonesia berharap jumlah wisatawan Rusia yang bertandang ke Indonesia makin meningkat dengan diberikannya bebas visa kunjungan singkat.


"Kita meminta agar hambatan-hambatan nontarif dapat ditiadakan," tambah Menlu.


Lebih jauh untuk membahas poin-poin peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution telah bertemu dengan menteri perindustrian dan perdagangan Rusia. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya