Korut Uji Coba Bom Hidrogen, AS Kerahkan Pesawat Tempur

Pesawat tempur B-52 milik AS.
Sumber :
  • Reuters/Andrew Winning
VIVA.co.id
Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump
- Amerika Serikat nampak memperlihatkan 'tajinya' dengan meluncurkan pesawat tempur B-52 di langit Korea Selatan. Aksi itu dilakukan untuk memamerkan kekuatannya setelah Korea Utara menyatakan jika pihaknya berhasil melakukan uji coba nuklir hidrogen beberapa hari lalu.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Uji coba nuklir yang dilakukan Korut diketahui membuat AS dan Tiongkok menjadi geram, walaupun kedua negara tersebut meragukan klaim yang dilakukan oleh Korut.
11-08-1984: Ronald Reagan Ungkap Lelucon Konyol untuk Soviet


Dilansir
Aljazeera
, Minggu 10 Januari 2016, pesawat B-52 yang berbasis di Guam milik AS disebutkan mampu mengangkut senjata nuklir. Dalam aksi pamer tersebut, pesawat B-52 nampak diapit oleh dua pesawat tempur lainnya; yakni F-16 milik AS dan F-15 milik Korsel. Ketiganya terlihat terbang di atas perairan Osan, sebelum akhirnya kembali ke Guam.


"Penerbangan itu merupakan respon atas aksi provokasi yang dilakukan oleh Korut. Misi ini memperkuat komitmen AS terhadap keamanan sekutu dan mitra kami. Ini juga merupakan salah satu dari banyak kemampuan yang dimiliki aliansi untuk pertahanan dari Korut," kata otoriats militer AS.


Otoritas mengatakan, AS mempertahankan komitmennya yang kuat untuk membela bangsa dan para mitranya. Misi gabungan tersebut menunjukkan kekuatan aliansi AS dan Korsel serta tekad kedua negara untuk menjaga stabilitas dan keamanan di Semenanjung Korea. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya