Menlu RI Temui Menlu Iran, Coba Tengahi Krisis

Menlu RI bertemu dengan Menlu Iran
Sumber :
  • Akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI

VIVA.co.id - Demi berupaya redakan ketegangan Iran-Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menemui Menlu Iran. Berikutnya, Retno juga akan menemui Menlu Arab Saudi.

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah

Juru Bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nassir, menegaskan Menlu Retno telah selesai tunaikan tugas di Iran. Selanjutnya dia akan menemui pejabat Arab Saudi.

"Sesuai dengan instruksi Presiden, tanggal 13 Januari 2016 Menlu Retno sudah bertemu dengan Menlu Iran dan Presiden Hassan Rouhani untuk menyerahkan surat dari Presiden Jokowi. Ini menunjukkan langkah konkrit dan peran diplomasi Indonesia," kata Arrmanatha, Kamis, 14 Januari 2016 di gedung Kemlu RI, Jakarta.

Arrmanatha menjelaskan, kedatangan Menlu Retno sekaligus untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Mohammad Javad Zarif. Soal surat dari presiden, kata Arrmanatha, Jokowi menyampaikan pandangan dan keprihatinan Indonesia soal hubungan Iran dan Arab. Presiden Jokowi juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk membantu membenahi hubungan kedua negara.

"Surat serupa juga akan disampaikan ke pihak Arab Saudi. Menlu Retno baru akan bertemu Raja dan Menlu Arab pada hari Senin pekan depan tanggal 18 Januari karena menyesuaikan waktu," kata dia.

Pada saat bilateral dengan Menlu Iran, ucap Tata,  Iran sependapat mengenai pentingnya mencegah terjadinya eskalasi dari keadaan yang ada saat ini.

Menurut Tata, hari ini Menlu Retno akan bertemu dengan Menlu Uni Emirat Arab, Sheikh Abdullah bin Zayed al Nahyan.

"Akan bertemu di Abu Dhabi untuk bicarakan perkembangan keadaan kawasan (Timur Tengah) dan melanjutkan kunjungan Presiden Jokowi tahun lalu," ucap dia. (ren)

lmuwan Iran Shahram Amiri berbicara kepada jurnalis saat tiba di bandara Imam Khomini di Tehran, 15 Juli 2010.

Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya

Shahram Amiri dituduh menjadi mata-mata Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016