Indonesia dan Turki Sepakat Perangi Terorisme

Sumber :
  • Kemlu RI.

VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu bersepakat untuk bekerja sama memerangi terorisme.

"Kedua Menlu akan mendorong komunikasi lebih intensif antar badan intelijen dan penegak hukum kedua negara guna meningkatkan  kerja sama intelijen dan bertukar informasi," demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 22 Januari 2016 dari Kemlu RI.

Terkait dengan situasi di Timur Tengah, kedua Menlu menekankan pentingnya hubungan damai antara Arab Saudi dan Iran bagi perdamaian dan keamanan regional. Hubungan baik kedua negara dibutuhkan untuk mengatasi berbagai konflik di kawasan, juga mengatasi bahaya terorisme, ekstrimisme, dan sebagainya.

Arab Saudi dan Iran saat ini masih diliput situasi tegang karena keputusan eksekusi ulama Iran, Nimr al-Nimr oleh Arab Saudi dan juga penyerangan Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran, Iran, oleh warga masyarakat.

"Dalam kaitan ini Menlu Turki menyambut baik inisiatif yang telah diambil oleh Indonesia. Menurut Menlu Turki, upaya Menlu Retno untuk membangun rasa  saling percaya antara negara di Timur Tengah  akan memberikan energi positif terhadap keadaan di Timur Tengah," kata pernyataan yang dirilis oleh Kemlu RI.

Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Houston Galang Dana
Militer Turki saat kudeta gagal 2016.

Kemlu Selidiki Sekolah Turki di Indonesia Terkait Gulen

Sekolah tersebut berada di bawah hukum dan aturan Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016