Perdana Menteri Hungaria Segera Kunjungi Indonesia

Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reiffi Georgina

VIVA.co.id - Dubes Hungaria untuk Indonesia, Judit Nemeth Pach, menginformasikan kedatangan Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, ke Indonesia. Rencananya, kunjungan tersebut akan dilakukan pada 1-2 Februari 2016.

RI - Hungaria Kerja Sama Teknologi dan Infrastruktur Air

Ini merupakan kunjungan pertama Orban ke Indonesia. Melalui kunjungannya, Orban akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan kabinet kementerian.

"Kedatangan PM ini akan memperdalam hubungan kedua negara dan meningkatkan kerja sama. PM Orban akan membawa delegasi kabinet termasuk menteri dan sekretaris negara," kata Dubes Pach, Selasa, 26 Januari 2016 di Gedung Balai Kartini, Jakarta.

Pach menegaskan, kedatangan PM serta menteri-menteri Hungaria ke Indonesia merupakan hal yang sangat penting untuk membuka jalan hubungan kerja sama dan mempererat hubungan bilateral antarkedua negara. Beberapa menteri yang akan ikut serta adalah menteri luar negeri, menteri perekonomian, menteri agrikultur, dan menteri pembangunan nasional.

"Akan ikut bersama PM Orban yakni sekretaris kabinet, sekretaris bidang politik, sekretaris bidang pendidikan dan lainnya. Sangat penting bagaimana kedua negara bekerja sama dalam puluhan aspek atau bidang bisnis," kata Pach.

Saat kunjungan nanti, PM akan melakukan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara kedua negara di bidang pendidikan, agrikultur, kantor berita, perdagangan, dan manajemen air.

"MoU yang paling ditunggu adalah mengenai pemberian beasiswa kepada 50 pelajar Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan di Hungaria. Beasiswa yang diberikan termasuk untuk biaya hidup di sana, ini adalah proyek yang sangat besar. Sebelumnya Indonesia dan Hungaria pernah melakukan penandatanganan MoU bidang pendidikan dan kali ini kami akan meningkatkannya," kata Pach.

Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani.

Indonesia-Hungaria Jajaki Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

"Kerja sama Indonesia dan Hungaria trennya menurun."

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2016