3-2-1917: AS Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Jerman

Sumber :
  • http://www.history.navy.mil/

VIVA.co.id - Pada 3 Februari 1917, Presiden AS Woodrow Wilson mengumumkan bahwa Amerika Serikat memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Jerman.

Dilansir dari History, Amerika mengatakan, keputusan itu diambil setelah kapal selam Jerman menenggelamkan kapal AS Hausatonic di lepas pantai Sisilia. 

Wilson mengumumkan bahwa pemerintahnya tidak punya pilihan selain memotong semua hubungan diplomatik dengan Jerman dalam rangka menegakkan kehormatan dan martabat Amerika Serikat.

"Kami tidak ingin ada konflik berkelanjutan dengan Jerman setelah adanya insiden ancaman untuk menenggelamkan kapal Amerika tanpa peringatan," kata Wilson.

Hari itu juga, Duta Besar Jerman untuk AS, Count von Bernstorff, menerima catatan yang ditulis oleh Sekretaris Negara, Robert Lansing, yang menyatakan bahwa Presiden telah mengarahkan dirinya untuk mengumumkan semua hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Kekaisaran Jerman diputus mulai hari itu, 2 Februari 1917.

"Duta Besar Amerika di Berlin juga segera ditarik," kata Bernstorff.

Dalam pidatonya, Wilson menyampaikan, semua kapal Jerman yang berlabuh di Amerika Serikat akan disita dan pemerintah secara resmi menuntut agar semua tahanan Amerika di Jerman agar dibebaskan seluruhnya.

Aksi penenggelaman kapal dan pemutusan hubungan diplomatik tersebut terjadi setelah berhari-hari terjadi ketegangan diplomatik antara Amerika Serikat dan Jerman.

Dua hari sebelum Wilson berpidato, Menteri Luar Negeri Jerman, Arthur Zimmermann menyampaikan kepada Duta Besar AS, James J. Gerard bahwa keadaan antara dua negara akan baik-baik saja. Amerika tidak akan melakukan apa-apa dan Presiden Wilson ingin adanya perdamaian.

Mendagri Baru Jerman: Islam 'Tidak Punya' Tempat di Jerman

Namun, tepat pada 3 Februari 1917, menjadi bukti otentik, hubungan Jerman dan Amerika Serikat tidak baik-baik saja.

Menteri Jerman mengatakan burkini bisa mempererat hubungan antar Muslimah di lingkungannya. - Getty Images

Menteri Jerman: Pemakaian Burkini di Sekolah Harus Diizinkan

Ia membela dengan dalih kesejahteraan anak-anak.

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2018