Warga Spanyol Terinfeksi Virus Zika

Ilustrasi/Bayi terdampak virus Zika di Amerika Selatan
Sumber :
  • http://www.clickittefaq.com

VIVA.co.id - Virus Zika telah memasuki Eropa untuk pertama kalinya. Seorang wanita hamil yang berasal dari wilayah timur laut Katalonia didiagnosis terinfeksi Zika setelah kembali dari Kolombia.

"Seorang pasien wanita hamil menunjukkan gejala-gejala (terkena virus Zika) setelah kembali dari Kolombia," demikian keterangan resmi Kementerian Kesehatan Spanyol, dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 5 Februari 2016.

Saat ini, wanita tersebut di bawah pengawasan ketat dinas kesehatan Katalonia. Namun, sampai sejauh ini, pihaknya tidak menjelaskan secara rinci tentang kondisi sang ibu dan jabang bayinya.

Kendati ada warganya yang terjangkit, Kementerian Kesehatan Spanyol tetap berusaha meredakan kekhawatiran dengan meyakinkan warganya bahwa risiko penyebaran virus ini masih bisa diantisipasi.

Penyebaran virus Zika yang sangat cepat ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan status darurat kesehatan internasional dengan mendirikan Unit Reaksi Zika Internasional.

Virus yang berasal dari gigitan nyamuk aedes aegypti ini bermula dari Brasil yang melaporkan 404 kasus mikrosefali pada Oktober 2015. Virus ini menyerang otak dan kepala bayi dalam kandungan ibu yang menyebabkan pengecilan ukuran kepala dari normalnya.

Cegah Virus Zika, Jawa Timur Bentuk Tim Reaksi Cepat
Nyamuk Aedes Aegipty, penyebab Virus Zika.

Membedakan Gejala Virus Zika dengan Demam Berdarah

Timbulnya mata merah dan skin rash atau ruam kulit

img_title
VIVA.co.id
8 September 2016