Terkait Zika, PBB Minta Dunia Hormati Hak Perempuan

Sumber :
  • VIVA.co.id/ctvnews.ca

VIVA.co.id - Komisaris Tinggi HAM PBB, Zeid Ra'ad Al Hussein, mengatakan, pihaknya menghormati hak asasi perempuan dan memberikan mereka akses ke layanan kesehatan reproduksi, karena dinilai sangat penting dalam memerangi virus Zika. Virus ini diduga terkait dengan meningkatnya cacat lahir di Amerika Latin.

Dilansir laman VOA, para ilmuwan mencoba untuk meneliti apakah ada hubungan yang pasti antara wabah virus Zika di Brasil dengan lebih dari 4.500 kasus mikrosefali, yang menyebabkan bayi lahir dengan kondisi kepala abnormal (kecil) dan kerusakan otak.

"Beberapa pemerintah negara meminta perempuan untuk menunda kehamilan, tetapi tidak menyediakan mereka dengan alat untuk mengontrol atau mencegah kehamilan yang tidak diinginkan," kata Hussein.

Juru bicara komisaris tinggi, Cecile Pouilly, mengatakan, perempuan remaja dan dewasa menghadapi situasi yang sangat sulit di negara-negara terjangkit virus Zika. Karena, pemerintah setempat memberlakukan peraturan ketat mengenai hak reproduksi perempuan.

"Dalam situasi di mana kekerasan seksual merajalela dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi tidak tersedia, upaya untuk menghentikan krisis ini tidak akan menjadi lebih baik dengan hanya menempatkan fokus untuk memberi nasihat kepada perempuan agar tidak hamil," kata Pouilly.

Gara-gara Virus Zika, Mobil Ini Ganti Nama Baru
Nyamuk aedes aegypti

Aedes Aegypti Bukan Satu-satunya Penyebab Zika

Ada jenis nyamuk lain yang diyakini bisa menyebarkan virus ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016