Tiga Warga Kolombia Tewas karena Virus Zika

Virus Zika
Sumber :
  • REUTERS/John Vizcaino

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya kasus kematian akibat virus Zika dilaporkan ke publik. Institute Kesehatan Nasional (INS) Kolombia, Jumat kemarin melaporkan bahwa tiga orang warga negara itu meninggal dunia karena virus tersebut.

COVID-19 Belum Usai, WHO Umumkan Ancaman Pandemi Berikutnya

Diberitakan Emirates 24/7, Minggu, 7 Februari 2016, Direktur INS, Martha Lucia Ospina, yang seorang ahli epidemiologi menyebut, tiga orang itu, awalnya terdeteksi terinfeksi virus Zika. Ini berujung pada gangguan neurologis langka atau disebut juga dengan sindrom Guillain-Barre.

Lucia menjelaskan, Guillain-Barre merupakan suatu sindrom di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf, hingga menyebabkan kelemahan dan terkadang kelumpuhan.

Virus Zika Jadi Jawaban untuk Obat Kanker Otak?

Sindrom inilah disebut-sebut sebagai pemicu kerusakan otak pada bayi dan wanita hamil yang terinfeksi virus Zika. "Kasus-kasus lain (dari kematian terkait dengan Zika) akan muncul. Dunia harus menyadari bahwa Zika dapat mematikan. Tingkat kematian tidak terlalu tinggi, tetapi dapat mematikan,” ujarnya.

Semakin meningkatnya jumlah kasus virus Zika, PBB mendesak negara-negara terkena Zika untuk memberikan akses ke kontrasepsi dan aborsi serta menghindari kehamilan sementara waktu. Negara-negara yang sangat diberi peringatan untuk mengontrol kehamilan adalah Kolombia, Ekuador, El Salvador, Jamaika dan Panama. (ren)

Geger Vaksin Palsu hingga Virus Zika
Seorang anak terjangkit Virus Zika.

Virus Zika, Satu Kali Mutasi Bisa Meledak Jadi Wabah

Para ilmuwan bilang manusia harus mewaspadai varian-varian Virus Zika yang bisa memulai ledakan wabah besar lainnya.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2022