Modus Pelaku Bom Bunuh Diri di Pesawat Somalia Terungkap

Pesawat Daallo Airlines
Sumber :
  • REUTERS/Feisal Omar

VIVA.co.id – Para pejabat intelijen menyatakan bahwa pelaku bom bunuh diri di pesawat Somalia pada 2 Februari 2016 lalu, berhasil membawa bom ke dalam pesawat dengan cara ‘menanamkannya’ ke dalam sebuah laptop. Itu merupakan kesimpulan Badan Intelijen dan Keamanan Nasional negara itu, NISA, setelah melihat rekaman surveilans, yang menunjukkan pelaku melakukan serah terima sebuah laptop dengan dua orang di bandara, salah satunya mengenakan jaket keamanan.

Bom Bunuh Diri Tewaskan 3 Orang di Afghanistan, Taliban Larang Warga Bicara pada Media

“Sekitar 15 orang telah ditangkap sehubungan dengan insiden tersebut,” kata seorang pejabat keamanan yang tak bersedia disebutkan namanya, seperti dilansir Emirates 24/7, Senin, 8 Februari 2016.

Otoritas setempat meyakini serangan itu dikoordinasikan oleh sebuah jaringan. “Hasil penyelidikan awal menunjukkan bahwa bom itu ditanam di laptop dan dilakukan oleh salah satu penumpang,” ujarnya.

5 Perwira Polisi yang Menangani Kasus Bom Sarinah, Ada yang Berujung Masuk Bui

Seperti diketahui, peristiwa mengerikan yang menimpa pesawat Daallo Airlines itu terjadi pada ketinggian 3.600 kaki. Hanya beberapa menit setelah tinggal landas dari bandar udara internasional Mogadishu akan menuju Djibouti. Pilot pesawat, Kapten Vladimir Vodopivec, kemudian berinisiatif langsung putar haluan dan kembali ke landasan pacu bandara dengan selamat.

Sementara itu, dari 74 orang penumpang pesawat Airbus 321 itu, satu orang dinayatakn tewas, ia diidentifikasi sebagai Abdulahi Abdisalam. Pria itu terpental keluar, diduga karena tersedot akibat lubang yang terbuat ketika ledakan terjadi. Berendus kabar, pria yang terpental adalah pelaku bom bunuh diri. Sementara korban luka berjumlah dua orang.

Ini Sosok Hassan Yousef yang Tinggalkan Islam dan Membelot ke Israel
Ledakan bom bunuh di diri di Pakistan, tewas warga negara China

5 WN China Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan

Pelaku bom bunuh diri di barat laut Pakistan menabrakkan mobilnya yang berisi bahan peledak ke dalam kendaraan yang ditumpangi 5 WN China

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024