Berantas Zika, AS Minta Duit ke Kongres US$1,8 Miliar

Presiden Barack Obama ketika memberikan keterangan pers
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst
VIVA.co.id
Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump
- Makin maraknya penyebatan virus Zika di Amerika Serikat membuat Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama, gusar. Dalam waktu dekat, ia akan meminta persetujuan Kongres untuk menggelontorkan dana darurat uang sebesar US$1,8 miliar untuk memerangi virus tersebut.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Virus yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti ini telah menyebar dengan cepat di AS antara lain Florida, Texas, dan Washington DC. Gedung Putih menyatakan, dana tersebut akan digunakan untuk program sosialisasi dan tindakan pengendalian nyamuk serta penelitian vaksin atau obat penawar.
11-08-1984: Ronald Reagan Ungkap Lelucon Konyol untuk Soviet


"Sebagian dari dana ini akan dialokasikan untuk 'membantu meningkatkan kemampuan negara-negara yang terjangkit virus Zika untuk memberantas perkembangbiakan nyamuk penyebab virus ini'," demikian bunyi keterangan resmi Gedung Putih, seperti dikutip dari situs
BBC
, Senin, 8 Februari 2016.


Sementara Pusat Pengendalian Penyakit AS (
US Centers for Disease Control
/CDC) mengonfirmasi bahwa terdapat 50 kasus di AS warganya yang terkena virus ini. Mereka terjangkit setelah melakukan perjalanan pulang dari Amerika Latin.


Hal ini menimbulkan ketakutan bahwa penyebaran virus Zika akan terus terjadi di Negeri Paman Sam itu. Pekan lalu, ditemukan kasus pertama di Dallas, Texas bila virus ini menyebar bukan melalui gigitan nyamuk melainkan hubungan intim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya