Korea Utara Rayakan Keberhasilan Peluncuran Roket

Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id - Korea Utara merayakan keberhasilannya atas peluncuran roket ke luar angkasa. "Kami berharap masa depan teknologi ruang angkasa kami terus berkembang seperti kembang api di langit," kata seorang penyiar di Stasiun TV Korea Utara, sepeti dikutip dari situs CNN, Selasa, 9 Februari 2016.

Sementara Yoon Dong Hyun, Wakil Direktur Kementerian Angkatan Bersenjata Korea Utara, dalam pidatonya bersumpah jika negaranya akan terus mengembangkan teknologi kedirgantaraannya meskipun harus menghadapi sanksi internasional sekali pun.

"Upaya mereka (dunia internasional) untuk menghalang-halangi niat kami ini tidak lebih seperti 'anak anjing yang menggonggong ke arah bulan'," ungkap Dong Hyun.

Ia juga mengklaim bahwa peluncuran roket ini murni untuk tujuan damai dan kepentingan ilmiah. Akan tetapi, dunia internasional justru melihat sebaliknya. Negeri Kim Il Sung itu dituding menguji sebuah rudal balistik yang merupakan 'perpanjangan' dari tes bom hidrogen pada Januari lalu.

Alhasil, Pyongyang akan diganjar sanksi berganda oleh Dewan Keamanan PBB lantaran tidak mengindahkan perintah pembatalan peluncuran roket tersebut.

Australia Kutuk Peluncuran Roket Balistik Korea Utara
 Ilustrasi Jepang-Rusia

Jepang-Rusia Sepakat Penyelesaian Korut

Sebagai dampak dari uji coba bom hidrogen dan peluncuran roket.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2016