Gedung Runtuh Saat Gempa Taiwan, Pengembang Ditangkap

Peristiwa Gempa Taiwan pada awal Februari 2016.
Sumber :
  • Reuters/Tyrone Siu
VIVA.co.id
Perwira Angkatan Laut AS Dituduh Mata-mata
- Jaksa di provinsi Tainan, Taiwan, memerintahkan untuk menangkap pihak pengembang yang membangun sebuah gedung yang runtuh, saat terjadinya gempa bumi di Taiwan, Sabtu 7 Februari 2016. Gempa bumi ini menewaskan 39 orang.

Taiwan Dakwa 5 Orang atas Insiden Apartemen Runtuh

Penangkapan dilakukan, setelah pemerintah menerima laporan, 37 korban tewas akibat runtuhnya bangunan Wei-guan Golden Dragon Building. Hanya dua korban ditemukan dari lokasi yang berbeda.
Anggaran Militer China Meroket 132 Persen


Diberitakan oleh
Reuters
, Selasa 9 Februari 2016, Hsiao Po-jen, Direktur Departemen Urusan Hukum dari Pemerintah Kota Tainan, mengatakan kepada
Reuters
bahwa Lin Ming-hui, pengembang Wei-guan Golden Dragon Building, ditangkap karena dicurigai melakukan kelalaian yang mengakibatkan pembunuhan. Penangkapan dilakukan pada Senin malam, 8 Februari 2016. Hsiao mengatakan, informasi itu datang dari polisi dan jaksa.


Petugas penyelamat kini fokus melakukan pencarian dan upaya penyelamatan pada korban dari reruntuhan gedung setinggi 17 lantai tersebut. Petugas memperkirakan, masih ada lebih dari 100 orang yang terdaftar sebagai korban hilang dan diduga terkubur di bawah reruntuhan gedung tersebut. Namun, sejak Senin malam, petugas belum menemukan korban tambahan.


Gedung Wei-guan Golden Dragon, selesai dibangun pada 1994. Gedung ini menjadi satu-satunya gedung tinggi yang runtuh pada saat gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang kota tersebut, Sabtu pekan lalu.


Akibat runtuhnya gedung tersebut, publik mempertanyakan kualitas konstruksi bangunan, terutama bahan yang digunakan untuk membangunnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya