AS Ajak India Lakukan Patroli AL Bersama

Kepulauan Spratly di Laut China Selatan.
Sumber :
  • REUTERS/Rolex Dela Pena/Pool

VIVA.co.id - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengatakan pihaknya bersama India telah mengadakan pembicaraan tentang rencana melakukan patroli angkatan laut bersama di kawasan Laut China Selatan yang diperkirakan akan memantik kemarahan China.

Dilansir dari situs Reuters, Rabu, 10 Febuari 2016, AS ingin agar sekutu regionalnya untuk mengambil sikap terhadap China di Laut China Selatan, seiring meningkatnya ketegangan atas klaim Kepulauan Spartley oleh China.

Laut China Selatan Memanas, Beijing: Siap-siap Perang

"Kami berharap hal ini dapat segera dilakukan dalam tahun ini. Patroli bersama kemungkinan akan dilakukan di Samudera Hindia dengan AL India sebagai pemain utama sama halnya patroli di Laut China Selatan," bunyi keterangan resmi Pentagon.

India dan Amerika Serikat telah meningkatkan hubungan militer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya dengan cara mengadakan latihan angkatan laut di Samudera Hindia juga bersama dengan Angkatan Laut Jepang.

Buku Putih Pertahanan Jepang Bikin China Meradang

"Kami sebelumnya tidak pernah melakukan patroli bersama dengan negara lain dan tidak ada kebijakan pemerintah untuk begabung dalam upaya militer internasional," kata seorang Juru Bicara AL India.

Dalam beberapa tahun terakhir, China secara agresif mengklaim beberapa wilayah di Laut China Selatan dan membangun beberapa landasan serta fasilitas di daerah yang disengketakan. Negara-negara yang mengajukan klaim itu yakni Filipina, Taiwan dan Vietnam, marah dan mengecam keras tindakan sepihak China.

Jika ASEAN Tak Bisa Satu Suara, Indonesia Harus Keluar
Foto terbaru soal pembangunan di wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Padahal Pengadilan Arbitrase memutuskan klaim China tak berdasar.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016