Indonesia-Thailand Kuatkan Kerja Sama Ekonomi

Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai bersama Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral di Jakarta, Kamis, 11 Februari 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id -   Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai berkunjung ke Jakarta. Bersama Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, keduanya sepakat meningkatkan kerja sama dalam tiga hal utama.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, menjelaskan Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Thailand Don Pramudwinai dan membicarakan tiga isu utama antara kedua negara.

"Kedua menteri sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi mengingat Thailand bukan hanya negara sahabat, tetapi juga rekan dagang terbesar ketiga di ASEAN dan investor terbesar ke-11 di ASEAN," kata Arrmanatha yang ditemui di Kemlu RI, Kamis, 11 Febuari 2016.

Ia menjelaskan, kerja sama ini perlu ditingkatkan mengingat nilai perdagangan kedua negara yang turun dalam beberapa waktu terakhir. Kerja sama, kata Arrmanatha, juga akan ditingkatkan dalam aspek pariwisata, perdagangan, dan pertanian.

"Yang kedua adalah kejahatan lintas batas, berbagai isu dibahas termasuk migran dan pengungsi gelap dan terorisme. Ada kesepakatan dimana kedua negara harus kerja sama lebih baik lagi dalam berbagai pendekatan juga kerja sama antar kepolisian untuk masalah teroris," kata Arrmanatha.

Pria yang akrab disapa dengan panggilan Tata itu menambahkan, mengenai isu kejahatan lintas batas kedua Menlu juga sepakat mengenai keamanan dalam aspek perdagangan obat terlarang.

"Yang terakhir adalah dibahas mengenai perbatasan maritim. Pada bulan Mei lalu sudah ada pertemuan mengenai perbatasan maritim dan Menlu Retno meminta agar segera diadakan pertemuan selanjutnya," kata dia. (ase)

 

Konflik Azerbaijan, Kemlu Tetap Berpegang Payung PBB
KJRI Houston.

Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Houston Galang Dana

Dana yang terkumpul diberikan pada beberapa sekolah di Maumere, NTT.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016