13-02-1984: Chernenko Jabat Sekjen Partai Komunis Soviet

Chernenko menggantikan Yuri Andropov
Sumber :
  • www.tumblr.com

VIVA.co.id - Hari ini 32 tahun silam, Konstantin Ustinovich Chernenko terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet, menggantikan Yuri Andropov yang wafat. Ia adalah tokoh terakhir dari komunis garis keras sebelum Mikhail Gorbachev mengambilalih jabatan tersebut pada 1985.

Mengutip dari situs History, sebelum menjadi sekretaris jenderal, nama Chernenko jarang dikenal di luar Uni Soviet. Lahir pada 24 September 1911, Chernenko mulai aktif dalam organisasi komunis di Rusia akhir 1920.

Pada 1931, ia secara resmi bergabung dengan Partai Komunis Soviet. Sepanjang 1940, ia menjadi ahli propaganda namun posisinya di pemerintahan dianggap 'belum kuat'.

Nasibnya berubah drastis setelah berkenalan dengan Leonid Brezhnev pada 1950. Brezhnev-lah yang 'mendidik' Chernenko menjadi seorang komunis Rusia garis keras. Ia menjadi tangan kanan Brezhnev. Hingga akhirnya pada 1964, Brezhnev menjabat sekretaris jenderal sampai kematiannya pada 1982.

Ketika Yuri Andropov mengganti Brezhnev, peta politik Soviet mengalami perubahan. Andropov yang reformis ingin adanya perubahan dalam Pemerintahan Soviet. Namun hal itu terus ditentang, baik di pemerintahan maupun partai.

Ketika Andropov sakit dan akhirnya meninggal, Chernenko yang mendapat dukungan kuat partai lalu mengambilalih jabatan sekretaris jenderal. Ia pun mengembalikan kebijakan luar negeri Soviet menjadi kebijakan garis keras seperti yang diterapkan mentornya, Brezhnev.

Kebijakan Chernenko yang dikenal adalah ketika Soviet membalas tindakan AS yang memboikot Olimpiade 1980 Moskow lantaran Negeri Tirai Besi itu menginvasi Afghanistan pada 1979, dengan membalas hal serupa menolak menghadiri Olimpiade 1984 di Los Angeles.

Namun sayang, usia Chernenko menjadi sekretaris jenderal hanya satu tahun. Pada 10 Maret 1985, ia wafat karena sakit dan digantikan oleh Mikhail Gorbachev, seorang komunis reformis, sampai akhirnya Uni Soviet bubar pada 1991. (ase)

8-4-1944: Soviet Rebut Kembali Crimea dari Nazi
Pesawat Cessna yang dipiloti Mathias Rust.

03-08-1988: Soviet Bebaskan Pilot Amatir Cessna

Rust berhasil mendaratkan pesawat tanpa terdeteksi.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016