KTT AS-ASEAN

AS Akan Bahas Keamanan Asia Pasifik

Deputi Penasehat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes
Sumber :

VIVA.co.id - Deputi Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Ben Rhodes, mengatakan, negaranya akan fokus membahas situasi dan kondisi di kawasan Asia Pasifik pada tahun ini.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Menurutnya, ASEAN akan memiliki peran sentral dalam menanggulangi berbagai persoalan seperti sengketa Laut China Selatan, nuklir Korea Utara serta merebaknya kelompok ekstremisme yang merekrut anggota dari kawasan tersebut.

"Pandangan kami adalah mendorong ASEAN agar mampu berbicara lebih dalam satu kerangka pandangan yang sama mengenai hal ini. Kami telah melakukan banyak pekerjaan dengan ASEAN selama tujuh tahun terakhir. Tentu saja, kami ingin menutupnya (akhir masa jabatan Presiden Barack Obama) dengan kuat," kata Rhodes, dalam menyambut kedatangan tamu negara ASEAN, KTT AS-ASEAN, di California, Amerika Serikat, seperti dikutip dari situs Channel News Asia, Senin, 15 Febuari 2016.

Ia juga memastikan, pengganti Presiden Obama nanti akan meneruskan warisannya untuk mendorong kebijakan luar negeri AS terhadap Asia. "Kami ingin memastikan bahwa meskipun semua inisiatif yang kita miliki berbeda dengan ASEAN akan menjadi satu dalam konferensi ini untuk membuat rencana kerja hingga akhir masa jabatan Presiden Obama," tuturnya.

Tak hanya masalah keamanan, dalam KTT juga membicarakan sejumlah isu seperti perdagangan, ekonomi dan investasi. Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi juga hadir dalam perhelatan konferensi yang dirancang AS untuk fokus perhatiannya pada kawasan Asia Pasifik.

Gelombang Aksi Protes Terpilihnya Presiden AS Donald Trump.

Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump

Amerika Serikat sedang mengalami degradasi moral.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016