KTT AS-ASEAN Ikut Libatkan Raksasa-raksasa Teknologi

Suasana KTT ASEAN-AS di Rancho Mirage California
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake
VIVA.co.id
Menhan RI, Malaysia, Filipina Lahirkan 6 Poin Kerjasama
- Memasuki sesi kedua KTT AS-ASEAN, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama mengundang tiga CEO ekonomi digital asal AS. Ketiganya yaitu CEO Microsoft Satya Nadella, CEO IBM Ginni Rometty dan CEO CISCO Chuck Robbins. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang turut hadir dalam pertemuan itu mengatakan ketiga CEO tersebut memberikan pandangan terhadap isu inovasi dan kewirausahaan.

ASEAN Disebut Lemah Ambil Sikap Soal Laut China Selatan

Pandangan dari tiga CEO tersebut, menurut Retno, antara lain menekankan pentingnya penggunaan teknologi untuk melakukan lompatan bagi pemerintah sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih baik serta dapat meningkatkan perekonomian.
Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Houston Galang Dana


"Untuk itu, dalam pandangan tiga CEO ini ditekankan arti penting kemitraan antara pemerintah dengan swasta melalui skema
Public Private Partnership
(PPP)," katanya, seperti dalam siaran pers yang diterima
VIVA.co.id
, Selasa 16 Febuari 2016.


Presiden Obama secara khusus memberikan pandangan yang diambil dari pernyataan Presiden Jokowi bahwa teknologi harus dapat memberdayakan UKM dan dapat mempersempit jarak pembangunan. Pada 2014, tercatat transaksi
e-commerce
Indonesia mencapai US$12 miliar, meningkat dari 2013 yang berada pada posisi US$8 miliar, dan diprediksi mencapai US$24,6 miliar pada tahun ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya