Menlu Ceko Takjub dengan Toleransi Beragama di Indonesia

Menlu Republik Ceko, Lubomir Zaoralek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri Republik Ceko, Lubomir Zaoralek, mengaku mendapat pelajaran yang penting dari Indonesia mengenai toleransi antarumat beragama. Dalam kedatangannya ke Indonesia, Zaoralek menyempatkan diri mengunjungi Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal.

"Indonesia adalah model yang baik untuk toleransi antarumat beragama. Dan, ini akan dijadikan contoh untuk coba diterapkan di negara kami. Itu bukti otentik bahwa berbeda agama dapat hidup harmonis," kata Zaoralek, saat konferensi pers di Jakarta, Jumat, 26 Februari 2016.

Ia mengatakan, sikap toleransi seperti ini bukanlah suatu keadaan yang dapat ditemui di negara lain, seperti Timur Tengah. Menurut Zaoralek, Indonesia harus menjadi contoh bagi negara lain yang mengalami kesulitan dalam menerapkan pehamaman akan suatu keyakinan, terlebih saat mengalami krisis.

"Bagi kami di Eropa ini (toleransi) sangat sulit (diterapkan). Untuk memengaruhi orang-orang agar berubah dalam waktu singkat tidaklah mudah. Namun, dalam jangka panjang ini akan menjadi pekerjaan rumah kami," tuturnya.

Zaoralek juga mengungkapkan, dalam menerapkan toleransi pihaknya akan menerapkan sikap mendidik dalam memengaruhi pola pikir warganya. Ia mengaku akan bercerita di negaranya nanti mengenai situasi kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Sekali lagi. Ini adalah contoh bagus di mana masjid berdiri berdampingan dengan gereja. Bahkan, berbagi lapangan parkir kendaraan pula," ujar dia.

Pesan KH Nasaruddin Umar ke Masyarakat Pasca Pemilu: Jaga Persatuan dan Kesatuan
Jemaah salat tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

Tarawih Pertama Ramadhan 1445 H, Masjid Istiqlal dan Masjid Al-Azhar Dipadati Warga

Pemerintah sudah resmi menetapkan awal bulan Ramadhan 1445 H atau 2024, jatuh pada Selasa 12 Maret 2024 besok. Untuk itu, seluruh umat Muslim pada hari ini sudah Tarawih.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024